Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (18/11).

Acara dipimpin oleh Moderator Muhammad Ilham, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Riza Rastri, Lintang Ratri, Oktora Irahadi, Jacob Win, dan Key Opinion Leader (KOL) yaitu Alrido Pradanar.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Bersama Lindungi Data Pribadi Di Platform Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 171 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada Narasumber Alrido Pradanar. Bagaimana tips untuk berkarya, tetap fokus pada prosesnya & meminimalisir ekspektasi yang terlalu tinggi akan hasil & feedbacknya? Dan bagaimana cara kita dalam membuat karya itu niatnya  memang untuk berbagi bukan untuk terkenal?

Alrido Pradanar mengatakan, “Tekuni kegemaran kita untuk bisa diposting sebagai konten di media sosial. Bisa juga kolaborasi sama teman teman. Kita bisa pakai aplikasi editing video dan bisa berkonten lebih baik lagi. Kita konsisten dalam prosesnya.Jika kita terpikirkan kenapa konten kita segini aja, tidak viral. Sebenarnya tidak bisa kita prediksi. Jangan khawatir, tetap lakukan kreasi kamu. Konsisten. Untuk viral itu butuh waktu. Yang penting dapat personal branding terlebih dahulu”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.