Marketplus.id – Sukses mengobati kerinduan para travel agent Malaysia dan Indonesia melalui acara ‘Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow 2021 Siri 01’ di Yogyakarta, Tourism Malaysia kembali melanjutkan rangkaian roadshow acara virtual travel mart di Jakarta pada 18 November 2021.

Acara yang diresmikan secara virtual oleh Director General Tourism Malaysia, Dato’ Haji Zainuddin Abdul Wahab pada 18 November 2021 di JS Luwansa Hotel ini mempertemukan 40 sellers Malaysia dengan 40 travel agent dari DKI Jakarta dan sekitar secara hybrid.

Menurut Haryanty Abu Bakar, Deputy Director Tourism Malaysia Jakarta, melalui platform online yang disediakan, sebanyak empat puluh Malaysian seller yang terdiri dari 28 travel agent, 8 hotel, 2 product owner dan 1 maskapai penerbangan, akan membuat business matching dengan 40 buyers (travel agent Jakarta). Buyer yang hadir di venue, tidak perlu berpindah tempat duduk mencari seller seperti travel mart pada umumnya karena mereka akan bertemu dengan seller Malaysia melalui layar laptop masing-masing.

“Sistem business matching ini berjalan secara otomatis yang mana administrator telah membuat jadwal pertemuan 40 sellers dan buyers (pre-schedule appointment) lebih awal dan akan selesai dalam tempoh 5 jam acara,” ujar Haryanty.

Virtual Travel Mart Roadshow 2021 diadakan sebagai langkah persiapan Malaysia untuk membuka kembali border secara penuh bagi tujuan pariwisata di tahun 2022, terutamanya pelancong dari Indonesia. Saat ini pemerintah Malaysia sudah membuka Langkawi untuk pariwisata domestik dan internasional melalui program Travel Bubble atau gelembung perjalanan. Wisatawan internasional diharuskan untuk tinggal minimal tujuh hari di pulau Langkawi sebelum mengunjungi lokasi lain di Malaysia di bawah program percontohan gelembung perjalanan internasional yang dimulai pada 15 November 2021.

Malaysia Airlines selaku partner resmi acara business matching ini juga menyiapkan promo istimewa ‘economy flexi fare’ ke Kuala Lumpur dan Langkawi mulai Rp3,9juta untuk tiket return. Malaysia Airlines sebagai maskapai penerbangan kebanggaan Malaysia, tergabung dalam aliansi maskapai dunia oneworld, menerbangkan 40,000 penumpang setiap hari ke berbagai rute domestik dan penerbangan internasional ke 1000 destinasi di lebih dari 150 negara dan akses kepada lebih 650 ruang istiharat di lapangan terbang seluruh dunia.

“Tourism Malaysia Virtual Travel Mart Roadshow 2021 di Jakarta ini dapat terlaksana sukses karena dukungan penuh dari rekan-rekan asosiasi travel agent lokal, yaitu DPD ASITA, DPD ASTINDO dan DPD ASPPI DKI Jakarta. Tourism Malaysia mengucapkan setinggi-tingginya terima kasih dan sampai jumpa di siri ketiga Virtual Travel Mart Roadshow di Surabaya,” tutup Haryanty.