Marketplus.id – Di zaman media sosial saat ini, status selebritis tidak hanya disandang para aktor dan musisi, tapi juga para wajah-wajah yang terkenal di media sosial. Para seleb media baru ini lebih sering disebut influencer.

Hal itu dikatakan, Okky Alparessi seorang Model, Dosen dan Pemenang L-Men of The Year 2020 ketika berbicara sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (19/11/2021).

Ia menambahkan, sekarang ini hampir semua persona di media sosial (medsos) berlomba-lomba menjadi influencer besar. Dengan tujuan beragam, menjadi influencer adalah “cara cepat” mendapatkan popularitas dan kekayaan.

“Menjadi influencer bukan perkara sulit, namun tidak juga semudah membalik telapak tangan,” paparnya.

Bagi yang ingin memulai menjadi influencer, simak beberapa tips berikut:

  • Tentukan Brand Sesuai Jati Diri

Jika Anda mengikuti cara jadi influencer tanpa terlebih dahulu menentukan brand Anda, maka Anda akan kesulitan untuk berkembang di tengah karier sebagai influencer. Influencer yang sukses tidak hanya bisa mengandalkan kecantikan fisik, tetapi juga keunikan yang menjadikannya layak untuk diikuti. Cari tahu passion apa yang Anda miliki dan bisa Anda bagikan ke orang lain. Bisa saja itu berupa bakat seni Anda, kecintaan terhadap musik, fashion, makeup, teknologi, gaming, literatur, dan lain sebagainya.

  • Rapikan Feeds Sesuai Brand Anda

Platform media sosial andalan para influencers adalah Instagram yang memiliki template feeds kotak 3×3. Salah satu cara jadi influencer yang sukses adalah dengan teliti menata feeds Instagram Anda. Feeds seperti apa yang dianggap bagus memiliki warna senada, tidak terkesan berantakan, dan punya komposisi foto yang baik. Beberapa influencers bahkan sudah memiliki mood board untuk membantu mereka mengatur feeds Instagram. Pastikan juga feeds tidak 100% berisi wajah atau tubuh Anda, variasikan agar pas dengan brand Anda.

  • Jangan Upload Konten yang Itu-itu Saja

Konsisten memang jadi pondasi cara jadi influencer, namun bukan berarti konten yang di-upload harus sama semua. Jangan takut untuk keluar dari comfort zone, selama memang masih sejalan dengan brand Anda. Misalnya memiliki brand seputar fashion dan beauty. Sesekali bisa upload foto lain seperti momen olahraga atau saat memasak namun dengan OOTD yang cantik. Dengan begitu, followers pun jadi tidak mudah bosan.

  • Jadikan Akun Media Sosial sebagai Akun Bisnis

Platform media sosial seperti Instagram dan Twitter menawarkan akun bisnis di mana influencers bisa membuat iklan berbayar atau promoted content untuk meningkatkan exposure. Fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah data engagement, analytics seputar followers, dan rekomendasi jam posting. Harganya pun tidak mahal, bahkan tergolong gratis bila Anda tidak mengaktifkan ads di platform media sosial ini.

  • Atur Jadwal Posting Konten

Dalam platform media sosial mana pun, ada waktu-waktu tertentu di mana tingkat engagement meningkat tajam. Nah, inilah cara jadi influencer, yakni mengatur jadwal posting konten yang paling profitable. Hindari meng-upload konten di tengah malam karena kemungkinan “tenggelam” di antara postingan lainnya lebih mungkin terjadi. Untuk hasil optimal, Anda bisa mengevaluasi dari statistik yang diberikan dari fasilitas akun bisnis, atau mem-posting di siang hari mendekati jam makan siang saat banyak orang mengakses media sosial.

  • Selalu Up-to-Date dengan Tren Baru

Jangan malas untuk mencari tren-tren terbaru, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Bukan hanya tren seputar konten media sosial saja, tetapi juga platform media sosial baru yang lagi jadi buah bibir publik. Misalnya seperti TikTok dan Clubhouse yang sepanjang tahun ini menjadi hiburan bagi masyarakat Indonesia. Tidak ada salahnya untuk mengikuti tren yang ada agar Anda pun bisa terus relevan di mata publik.

  • Berinteraksi dengan Followers dan Influencers Lain

Cara jadi influencer tidak luput dengan networking. Ketika ada komentar dari followers, jawab sebisa mungkin untuk meningkatkan engagement. Anda pun bisa meminta saran dari followers melalui postingan di media sosial. Selain itu, jangan malu untuk berkenalan dengan influencers lain. Lewat pertemanan ini, tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa berkolaborasi dengan influencers lain untuk menambah jumlah followers.

  • Kualitas Foto dan Video yang Baik

Satu lagi cara jadi influencer yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan, yaitu kualitas kamera yang baik. Pastinya feeds juga jadi terlihat jelek jika foto atau video yang di-upload terlihat buram.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (19/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Ratna Winahyu Utami (Produser dan Penyiar Radio Kosmonita Malang), Keke Michelle Awuy (Tenaga Ahli DPR RI), Muhammad Alvin Al Huda (CEO CV. Huni Raya Group), dan Ganang Adityo Prakoso (Laboratorium Officer Business Hotel Management Binus University).