Marketplus.id – Bisnis investasi online sekarang menjadi pilihan untuk pemula yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Hal itu dijelaskan, Imam Abu (IA Hanafi), Direktur Prabu Unggul Bersama & Founder Auto Sultan, dalam dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (23/11/2021).

Ia menambahkan, tidak sulit untuk menjalankannya selama mau belajar untuk memahami berbagai instrumen investasi yang tersedia online itu. “Inilah alasan mengapa investasi secara online menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menambah cuan,” paparnya.

Berikut ini beberapa lain bisnis investasi online. Seperti:

  1. Menambah Aset

Kegiatan bisnis investasi online yang Anda lakukan bisa memberi keuntungan berlipat-lipat. Aset Anda pun akan bertambah nilainya, dan hal ini membuat jadi tambah kaya. Hal itu karena dengan berinvestasi, Anda tidak hanya menyetor modal, Anda bisa saja mempunyai kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Dengan hanya membeli sebuah produk investasi saham, Anda sudah dianggap sah sebagai pemilik perusahaan dan meraih laba juga dari sana. Seiring waktu, aset Anda pun akan bertambah.

2. Mudah Dilakukan

Bisnis investasi online cocok untuk pemula karena mudah dilakukan. Platform yang menyediakan investasi online ada banyak. Anda bisa memilih sesuai keperluan. Semua kegiatan dari mulai pendaftaran, transaksi jual beli, sampai penarikan dana pun dapat Anda lakukan secara online. Anda tidak perlu kebingungan. Apabila ada yang tidak dipahami, Anda bisa menanyakannya langsung lewat customer service platform yang Anda gunakan. Kemudahan juga Anda dapatkan dari instrumen investasi yang pengelolaannya dibantu pihak lain. Hal ini terjadi pada reksa dana yang biasanya dipegang oleh manajer investasi. Anda pun bisa memilih reksadana pasar uang, reksadana obligasi, reksadana saham, dan sebagainya. Semua transaksi ini harus dilakukan di pasar modal.

3. Membantu Usaha untuk Lebih Maju

Beberapa investasi seperti obligasi, saham, dan peer-to-peer lending hadir karena ada kebutuhan dana atau modal dari pihak penerbitnya. Misalnya, di investasi saham, Anda yang membeli saham membantu usaha emiten untuk lebih maju ke depannya. Namun, tentu Anda tidak hanya membantu karena ada pengembalian dana berupa dividen dan kepemilikan perusahaan. Di investasi obligasi, Anda membantu usaha dengan membelinya, sehingga mereka bisa menggunakan dana itu untuk berbagai kegiatan penting yang menyangkut usaha. Di P2P lending, Anda bisa membantu UMKM yang membutuhkan dana untuk membuat usahanya terus berjalan lancar.

4. Jangkauan Luas

Semua kegiatan investasi dapat dilakukan dari jarak jauh selama punya internet yang selalu menyala dan perangkat seperti ponsel pintar. Aksesnya bisa dilakukan secara cepat tanpa terikat waktu. Kalau dulu perlu mendatangi kantor penyedia jasa investasi, sekarang tinggal membuka aplikasinya saja lewat ponsel. Kemudahan bisnis investasi online ini terjadi berkat perkembangan teknologi yang tidak terbendung. Untuk itulah Anda perlu memanfaatkan jangkauan luas ini sebaik-baiknya. Jangan ragu untuk memulai dan mempelajari cara investasi yang benar.

5. Modal Kecil

Alasan lainnya mengapa bisnis investasi online layak dicoba adalah karena menawarkan kemudahan berupa Anda bisa memulainya dari modal yang tidak seberapa. Dulu mungkin Anda berpikir yang bisa berinvestasi hanyalah orang-orang yang berduit. Namun, hal itu sekarang tidak berlaku karena siapa saja bisa berinvestasi dari modal yang termasuk kecil. Misalnya saja, ada platform yang membolehkan investor untuk menyetorkan dana mulai dari Rp 100 ribu saja. Target pasarnya adalah pemula dan para mahasiswa, jadi cukup wajar mereka memasang ketentuan itu.

6. Banyak Pilihan Instrumen Investasi

Bisnis investasi online juga jenisnya tidak hanya satu. Anda akan menemukan banyak instrumen yang bisa ditransaksikan secara online seperti investasi emas, trading forex, investasi saham, trading cryptocurrency, reksa dana, P2P lending, obligasi ritel, dan lainnya. Anda tinggal mencari platform aman untuk mengelola dana di masing-masing instrumen investasi yang dipilih. Saat ini cukup banyak penipuan berkedok investasi. Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan, perlu memilih instrumen yang posisinya sudah diberi izin pemerintah dari OJK, Bappebti, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Pinjaman.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Ervita Delima Sari (Sosial Media Specialist PT Pos Indonesia), Dr. H. Sopingi (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk), Tino Agus Salim (Profesional Trainer & Motivator), dan Lintang Pandu Pratiwi (Ilustrator Bobo & Founder Taranggana Creative Company) sebagai Key Opinion Leader.