Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Jombang, (23/11).

Acara dipimpin oleh Moderator,Geldy Indrapradana, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Wiwin Isnawati S.PT, Bawinda Lestari, Aulia Siska, Akhmad Firmannamal, Ph.D dan Rizky Ardi Nugroho.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Meningkatkan Potensi Anak Melalui Literasi Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1785 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Bawinda Lestari adalah Sebagai anak sekolah yang ingin berprestasi dan membuat karya, namun terkadang bingung memanage waktu dengan baik antara tugas sekolah dengan meningkatkan kemampuan literasi digital dan potensi yang dimiliki untuk menghasilkan karya agar tidak kecanduan media sosial tapi malah menghasilkan prestasi yang membanggakan?

Bawinda Lestari memaparkan, “Yang pertama mengatur waktu adalah bagaimana kita mempunyai time management seseorang harus memiliki time management dan apa yang sudah ditetapkan dalam sehari kita mau punya waktu 24 jam setiap orang punya waktu yang sama 24 jam 8 untuk salat lima waktu itu bikin semuanya yang lainnya misalnya bangun bangun jam 4.30 habis itu wudu salat berapa lama waktu salat itu salat Apa yang dilakukan itu terus apa yang dilakukan kapan waktunya belajar kapan waktunya makan siang pertama harus dibuat terlebih dahulu memang kelihatannya ribet awal-awalnya tetapi lama-kelamaan menjadi kebiasaan dan nantinya Oh ini saya bangun waktunya untuk belajar waktunya untuk bermain untuk salat semuanya 24 jam waktunya untuk sendiri mungkin ada waktu jadwal harian mingguan kita boleh pertama diatur. tetapi yang paling penting adalah waktu yang paling penting dan bagaimana mengenali potensi diri kita itu Kelebihannya apa kekurangannya apa kekurangannya nggak bisa semuanya satu persatu. Yang penting adalah hubungan keluarga perlunya meminta masukan keluarga atau dukungan dari karena ini selama 24 jam tetapi kembalilah kepada keluarga karena keluarga adalah satu-satunya tempat kita belajar arti kebahagiaan dalam kebersamaan”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.