Marketplus.id –  HE Benedetto Latteri selaku Duta Besar Italia untuk Republik Indonesia meresmikan pembukaan ‘Magister Raffaello’, sebuah pameran seni video yang bertempat di Ciputra Artpreneur Gallery, Jakarta.

Dipersembahkan oleh Magister Art dan dikuratori oleh Arch. Claudio Strinati, seorang pakar seni, lukisan, dan patung era Renaissance, pameran ini menampilkan sejumlah mahakarya Maestro Raphael dan akan dibuka untuk umum mulai tanggal 25 Februari hingga 31 Maret 2022.

Pameran ini terbagi dalam enam tema yaitu Intro-Identity, Inhabiting Spaces, Finding Balance, Portraits: Sacred and Profane Subjects, The Papal Apartments, dan Utopia and Power.

Menurut Duta Besar Benedetto Latteri,  Raphael merupakan seorang seniman dengan bakat luar biasa dan salah satu tokoh ternama pada era Renaissance yang senantiasa menjunjung tinggi keindahan dan kedamaian. Karya-karyanya mencerminkan perjalanan, pemandangan, dan kisah indah yang dilihat dan dialami oleh Maestro Raphael sendiri. Lukisannya sarat akan nilai filsafat, teologi, arsitektur, dan sains yang dapat kita pahami dan nikmati bahkan 500 tahun setelah kematian Maestro Raphael.

Duta Besar Benedetto Latteri menambahkan, “Pameran seni ini sebelumnya sudah diselenggarakan di Vietnam, Austria, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan dan mencatat hingga 50.000 pengunjung secara global. Kini, Magister Raffaello hadir di Indonesia sebagai negara ke delapan di Asia dalam tur global. Pameran ini merupakan kegiatan yang besar guna memperkuat hubungan diplomatik bilateral antara Republik Italia dan Republik Indonesia.”

Director Italian Cultural Institute in Jakara, Mrs. Maria Battaglia menuturkan, pameran ini menceritakan sebuah kisah bak sebuah novel yang menampilkan enam karya seni dan menjadi tonggak penting dalam era Renaissance. Pameran ini terdiri dari enam ruang khusus di mana pengunjung dapat mempelajari berbagai peristiwa bersejarah dan menjelajahi berbagai tempat di mana Raphael menetap, bekerja, dan mengenal dunianya melalui karya lukisan.

“Dalam pameran ini, kami menampilkan pula karya seni yang diciptakan oleh seniman, penulis, dan filsuf lain yang terinspirasi oleh mahakarya Raphael. Semua seniman, penulis, dan filsuf dalam pameran ini bak karakter dalam panggung teater yang membentuk sebuah kisah yang padu. Pameran ini menyoroti berbagai elemen utama dalam perkembangan kepribadian Raphael serta aspek universal dari pengalaman manusia pada umumnya. Pameran ini juga dapat disebut sebagai cerminan ideologis Raphael serta berbagai nilai kehidupan yang tersirat dalam seluruh karya seninya,” terangnya.

Sementara itu, President Director Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata juga mengatakan, “Ciputra Artpreneur Gallery dirancang sedemikian rupa agar menjadi tempat bertemunya para pecinta seni di Indonesia dan mempopulerkan Jakarta sebagai destinasi untuk menikmati seni dan budaya kelas dunia. Oleh karena itu, merupakan suatu kehormatan bagi Ciputra Artpreneur Gallery untuk menjadi tuan rumah Magister Raffaello, sebuah pameran seni video kelas dunia yang akan menginspirasi para pecinta seni  Indonesia.”

Para pecinta seni Indonesia dapat menikmati keindahan lebih dari 50 karya yang dibuat oleh Raphael yang terbagi dalam enam tema. Dalam pameran ini, pengunjung dapat memahami makna kehidupan dan karya seni Raphael serta menjelahahi ruang kerja, berbagai tempat yang dikunjungi Raphael, tokoh lainnya yang ditemui Raphael, dan mempelajari bagaimana Raphael mengembangkan karya seninya.

Seluruh karya seni yang ditampilkan dalam pameran ini tersedia dalam lima bahasa yaitu bahasa Indonesia, Italia, Inggris, Portugis dan Spanyol yang dapat diakses oleh anak-anak dan dewasa melalui aplikasi Magister Art, yang dapat diunduh pengunjung melalui App Store atau Play Store dalam smartphone. Pengunjung disarankan untuk menggunakan earphone pribadi selama berada di dalam pameran.

Pameran ini menyediakan konten yang disesuaikan untuk anak-anak disertai dengan teks dan gambar oleh Eva Montanari, seorang penulis dan ilustrator yang telah menerbitkan buku-buku untuk anak-anak di seluruh dunia sejak tahun 2000. Pameran ini juga diiringi oleh musik yang dibuat oleh Antonio Fresa, seorang musisi, komposer dan pencipta soundtrack film ternama.

Magister Raffaello dibuka untuk umum mulai tanggal 25 Februari hingga 31 Maret 2022 di Ciputra Artpreneur Gallery, Ciputra World 1, lantai 11. Pameran ini gratis dan buka setiap Selasa hingga Minggu, pukul 11:00 hingga 20:00 WIB (Senin tutup). Untuk kenyamanan dan keamanan, setiap 1 jam sesi pameran ini terbatas untuk maksimal 30 pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *