Marketplus.idMenjalani karir di P&G Indonesia sebagai Senior Brand Manager sekaligus sebagai Sustainability Champion merupakan perwujudan dari passion dan aspirasi  dari sosok Ariandes Veddytaro.

Dengan latar belakang pendidikan dari dunia kesehatan dan pengalaman bekerja di industri kesehatan sebelumnya, Ariandes atau yang kerap disapa Andes bergabung dengan P&G Indonesia sebagai experienced hire dan dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Senior Brand Manager untuk Divisi Personal Health Care terutama kategori Nerve & Pain Relief Franchise.

Namun, seiring berjalannya waktu, P&G Indonesia pun semakin memfokuskan pengembangan pilar Sustainability dalam startegi perusahaan dan membuka peluang bagi karyawan yang memiliki passion untuk berkontribusi kepada lingkungan.

Hal ini sejalan dengan aspirasi karir Andes yang tidak hanya ingin mengembangkan karir secara professional, namun juga dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat baik melalui produk kesehatan maupun maupun program lingkungan, hingga akhirnya Andes pun turut bergabung menjadi bagian dari Sustainability Champion untuk P&G Indonesia.

Andes telah mengemban tanggung jawab sebagai Senior Brand Manager di P&G Health sekaligus Sustainability Champion sejak pertengahan tahun 2020 – tepatnya saat pandemi melanda dunia dan Indonesia.

Menjalani 2 peran ini terutama di masa pandemi tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri baginya, namun Andes selalu berpegang teguh pada tujuan, nilai, dan prinsip dari perusahaan sebagai pedoman dalam kegiatannya sehari-hari.

Bekerja di salah satu FMCG terbesar di dunia menurut Andes P&G merupakan perusahaan yang serius dalam memberdayakan setiap talenta nya menjadi pemimpin. Kepemimpinan bahkan menjadi salah satu dari nilai yang melekat pada prinsip perusahaan. Sehingga, keseharian Andes di P&G selalu didasarkan pada upaya saya untuk dapat bertanggung jawab dalam memimpin diri sendiri, tim dan organisasi untuk bergerak dan berdampak baik pada masyarakat & lingkungan. Hal ini pun sesuai dengan misi perusahaan untuk menjadi force for good and force for growth.

Namun baginya, di dalam kondisi lingkungan bisnis yang tengah mengalami era VUCA atau volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas, tentunya  memberikan tantangan tersendiri bagi Andes secara pribadi dalam menjalani peran di P&G Indonesia.

Adapun kunci yang ia terapkan dalam menjalani bisnis di era VUCA ini ialah selalu menerapkan budaya perusahaan yakni PEAK Performance, yang diantaranya adalah lead with courage, innovate for growth, champion productivity, execute with excellence, dan bring out the best, untuk menghadapi berbagai tantangan dan dinamika di era VUCA ini.

Selain itu, peran perusahaan dalam mengembangkan dirinya sangatlah besar terutama dalam memberikan 3C, yakni coaching, collaboration, & celebration sehingga Andes dapat menjadi seorang pemimpin yang menjalani peran multifungsi bagi perusahaan seperti hari ini. Dalam penerapan prinsip 3C tersebut, salah satu bentuk nyata yang diterapkan kepada Andes oleh perusahaan ialah program mentorship, dimana hal ini sangat membantu dirinya untuk mendapatkan berbagai arahan dan tips dalam menjalani peran multifungsi.

Bahkan program mentorship ini tidak hanya melibatkan mentor dari P&G Indonesia saja, namun juga P&G Regional sehingga Andes dapat memperkaya khasanah dan perspektif yang lebih luas lagi.

Selain itu, P&G Indonesia juga selalu mendukung kolaborasi lintas divisi terutama saat para karyawannya menjalani berbagai project, dan selalu memberikan penghargaan secara berkala kepada karyawan yang menunjukan prestasi dan kontibusi nyata sehingga selalu memotivasi para karyawan untuk terus berkarya.

Menjadi seorang pemimpin, tentunya Andes  memiliki  mantra kerja tersendiri dalam mengembangkan organisasi dan bisnis; ACE, yakni active, creative, & empowerment. Active artinya kita harus selalu bersikap proaktif terutama dalam mengantisipasi berbagai hal dalam perkejaan kita, creative artinya kita harus dapat terus berinovasi dengan melihat berbagai peluang yang ada, dan empowerement artinya kita harus dapat selalu mendukung satu sama lain sebagai sebuah tim yang solid demi kemajuan bersama.

Hal ini juga yang membawanya kepada  2 pencapaian yang paling berpengaruh selama ia bekerja di P&G Indonesia. Dua pencapaian tersebut ialah penerapan Batik Project untuk tim P&G Health Indonesia, dimana project ini sangat membantu tim medical sales kami dalam berinteraksi dan menyampaikan kampanye produk kepada customer terutama di masa pandemik melalui pendekatan metode omni-channel marketing.

Pencapaiannya yang kedua ialah peluncuran program Conscious Living di Jawa Barat, yakni program pengumpulan dan pemilahan sampah terutama sampah plastik HDPE dan multilayer (sachet) di Jawa Barat yang mana kami bekerjasama dengan salah satu mitra eco-agency berbasis digital yakni Octopus dan didukung penuh oleh pemerintah setempat.

Namun tentunya, pencapaian-pencapaian tersebut tidak terlepas dari tantangan yang harus ia hadapi, Andes mengungkapkan bahwa tantangan terbesar yang ia hadapi dalam menjalami peran di P&G Indonesia terutama saat pandemi melanda adalah situasi VUCA itu sendiri, dimana pandemi semakin menambah tingkat volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas baik dalam mengembangkan kampanye produk kepada masyarakat maupun program-program sustainability. Sehingga, ia dituntut untuk lebih tangkas dan juga adaptif dalam menghadapi dinamika kondisi tersebut untuk dapat terus berkontribusi.

Sebagai seorang Senior Brand Manager  Andes memiliki tujuan untuk dapat terus memberikan edukasi dan juga solusi kesehatan terutama kesehatan saraf melalui produk-produk P&G Indonesia kepada masyarakat luas. Sedangkan, sebagai seorang Sustainability Champion, ia  berharap dapat menjangkau lebih luas lagi masyarakat dalam program Conscious Living dengan melibatkan lebih banyak provinsi di Indonesia sehingga kita dapat mewujudkan budaya kehidupan yang ramah lingkungan sekaligus turut mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030.

Andes juga memiliki harapan tersendiri untuk Sustainable Living di masa depan, ia berharap untuk dapat menjangkau lebih banyak provinsi di Indonesia dalam program Conscious Living paska peluncuran program ini di Jawa Barat pada tahun lalu. Dalam waktu dekat ini, dia juga membagikan rencana P&G Indonesia untuk melakukan perluasan Conscious Living ke area Jadebotabek sehingga masyarakat di Jadebotabek dapat turut berkontribusi kepada lingkungan dengan cara melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah plastik dari rumah yang selanjutnya akan di daur ulang oleh mitra eco agency kami.

Selain itu, masyarakat di Jadebotabek juga dapat berpartisipasi dalam program ini sebagai Pelestari atau mitra pengumpul sampah dibawah naungan manajemen mitra eco-agency kami, yang mana hal ini diharapkan juga dapat memberikan dampak ekonomi yang positif kepada masyarakat.

Ditengah kesibukannya mengemban dua tanggung jawab besar, Andes kerap meluangkan waktu untuk melakukan hobinya, Andes memiliki hobi travelling terutama ke destinasi wisata daerah di Indonesia.

Selain itu, Andes merupakan sosok yang menggemari kunjungan ke museum maupun pameran yang sering diadakan di Jakarta demi menambah khasanah pengetahuannya tertutama dalam bidang sejarah maupun kreativitas. Andes juga cukup rutin berolahraga sepeda roadbike bersama para sahabatnya di Jakarta dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *