Marketsplud.id– Kemajuan teknologi informasi semakin masif. Sekarang ini bahkan anak-anak sudah piawai menggunakan gadget. Orangtua dihadapkan tantangan tersediri dalam mendampingi anak berinternet.

“Tantangan sebagai ibu yang punya anak masih kecil atau mulai dewasa, remaja, apa yang ditanamkan pasti akan berbeda lagi,” kata Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (25/8/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Fanny membagikan pengalamannya dalam mengedukasi anak terkait kecakapan digital. Saat ini anak-anaknya belum tahu, kepikiran, atau ingin punya akun pribadi di media sosial. Meski demikian, dia tetap menanamkan ke anak-anak, kalau ingin menggunakan perangkat yang ada, untuk belajar dan cari informasi.

Kemudian, aplikasi dan konten yang dikonsumsi anak-anak harus sesuai dengan usianya. “Sekarang mau mereka mengerti atau tidak, kita punya aturan bersama. Anak saya mengerti kenapa kita harus punya peraturan bersama, kenapa harus tahu screen time, kenapa anak harus tahu konten ada banyak,” Fanny.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Ketua Prodi Ilmu Komunikasi SGU, ASPIKOM, dan MAFINDO, Loina Lalolo Krina Perangin-angin. Kemudian Ketua STIKOSA AWS, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *