Marketplus.id – Perkembangan teknologi informasi semakin masif. Masyarakat lebih mudah membuka usaha secara online. Banyak skill yang harus dikuasai untuk menjadi ekspert, tapi kemampuan membuat konten menjadi landasan terpenting.

“Untuk baby step atau belum memulai bisnis, paling basic untuk berjualan online, kita membutuhkan konten. Kita belajar copy writing, basic design,” kata Digital Marketer, Lim Sau Liang saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu (3/9/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Menurut  Lim, individu dapat mudah mempelajari basic design. Banyak media digital menyediakan fitur ini. Misal mau mengedit video bisa langsung dilakukan di TikTok, sementara ada Canva untuk mengedit foto yang cakap dan cantik. Tidak ada lagi yang sulit dipelajari di dunia digital. Ketika bingung mencari inspirasi, sekarang banyak inspirasi dari Pinterest dan Google.

“Terakhir, pelajari platform-platform yang mendukung usaha kita. Misal kita berjualan produk baju, kita mempelajari algoritma di marketplace, Tokopedia, Shopee. Kita ikuti yamg lagi ramai di marketplace populer. Ikuti cara penamaan produk, deskripsi yang baik, foto yang baik, ini yang perlu dipelajari,” kata Lim.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Digital Marketer, Lim Sau Liang. Kemudian Sekretaris RTIK Kab Blitar, Nuriyan Dwi Saputri S.Sos, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *