Marketplus.id – Jumlah pengguna internet Indonesia terus bertambah setiap tahun. Banyaknya netizen Indonesia belum mampu mendongkrak kebudayaan Indonesia bersaing di panggung media digital. Padahal, Indonesia memiliki beragam budaya, adat istiadat, dan kesenian.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

“Kita harus banyak membuat bikin konten-konten, tidak perlu jauh, yang ada di dekat rumah, misal waktu 17 Agustus, buat konten positif semua, aura nasionalisme tinggi,” kata Wakil Ketua RTIK Kabupeten Blitar, Subana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada Selasa (6/9/2022).

Netizen cakap digital harus mampu membedakan konten positif dan negatif di media digital. Ketika menyebarluaskan konten aktivitas perayaan 17 Agustus, masyarakat turut mempromosikan kebudayaan Indonesia. Beragam lomba, kegiatan pengibaran bendera Merah Putih, hingga banyak karnaval yang hampir setiap daerah menampilkan masing-masing budaya lokal.

Menurut Subana, beberapa konten kreator telah menunjukkan kepedulian terhadap budaya Indonesia. Mereka membuat konten tarian nusantara yang digabungkan, mulai dari Padang, Medan, dan Jawa.

“Konten kreator yang membuat konten video bersifat nasionalisme nusantara itu positif. Kita buat konten di sekitar kita, sekeliling kita, yang baik-baik. Kita tunjukkan kita adalah Indonesia,” kata Subana.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder – Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo. Kemudian Wakil Ketua RTIK Kabupeten Blitar, Subana, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Dadpreneur, Indra Brasco.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *