20 Juni 2024

Marketplus.id – Internet adalah kemajuan teknologi yang harus disikapi dengan bijak. Di dalamnya harus ada pedoman diri berupa etika dalam berinteraksi dengan pengguna lainnya. Termasuk saat memproduksi dan mendistribusikan konten yang dibuat.

Meski tampak mudah, namun membuat konten di media sosial juga memerlukan strategi. Seperti menetapkan segmentasi, tujuan unggahan, hingga strategi terhubung dengan audiens, dan platform apa yang digunakan.

Jurnalis TEMPO dan Pemeriksa Fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Eko Widianto, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Rabu (14/9/2022), memberikan tips saat mulai membuat konten maupun unggahan di media sosial yang bisa memantik rasa ingin tahu, antara lain:

1.Temukan cerita besar

Cerita besqr atau tema apa yang menarik untuk dibacq publik. Langkah mudahnya dengan pertanyaan, mengapa terjun ke bisnis ini? Adakah akar tradisi, passion, atau komitmen yang hendak dicapai.

2.Ambil momen menarik

Misalnya pengalaman kocak atau menyentuh yang bisa dibagikan sebagai hiburan atau sumber informasi dan gagasan yang mengundang rasa ingin tahu.

3.Cerita tantangan yang dihadapi

Misalnya cerita mengenai panen gagal, tanaman rusak, salah pengemasan, biaya pengiriman mahal. Hal ini bida menjadi sumber pengetahuan bagi orang lain.

5.Sediakan waktu

Sediakan waktu untuk menulis atau merangkai kata untuk konten. Jika terasa sulit tetap harus memulainya, jangan terpaku pendapat orang lain tulisan kita jelek. Mulai saja hingga semakin ahli karema terbiasa:

6.Tentang Anda tapi bukan sepenuhnya

Konsep ini terutama bukan apa yang ingin kita ceritakan, tapi apa yang ingin orang dengar.

7.Hubungkan tiga titik poin

Produsen, konsumen, dan mengapa penting. Hal-hal yang berhubungan dengan orang lain atau yang dibutuhkan pengguna, akan lebih banyak diperhatikan.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Jurnalis TEMPO dan Pemeriksa Fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Eko Widianto, Kabid Humas RTIK Blitar, Dian Triwiyono dan Founder Jalanyuk Isna Noviningtyas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *