13 Juli 2024

Marketplus.id – Setiap warga digital memiliki hak asasi manusia yang menjamin tiap warga negara untuk mengakses, menggunakan, membuat dan menyebarluaskan media digital. Namun selain memiliki hak, warga digital juga punya tanggung jawab untuk menjaga hak dan reputasi orang lain.

“Termasuk dari hak digital itu ikut menjaga keamanan nasional dengan tidak menyebarkan hoaks yang mengancam ketertiban masyarakat, atau kesehatan dan moral publik,” ujar Dosen dan Ketua STIKOSA AWS, Meithiana Indrasari saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Selasa (27/9/2022).

SAVEnet tahun 2019 mengungkap mengenai hak-hak digital yang terdapat tiga poin utama yaitu hak untuk mengakses, hak untuk berekspresi, dan hak untuk merasa aman. Hak mengakses meliputi kebebasan mengakses internet dalam ketersediaan infrastruktur dan fasilitas, kepemilikan, termasuk kesetaraan akses.

Kemudian ada hak untuk berekspresi yang diaplikasikan dalam keberagaman konten, bebas menyatakan pendapat, dan penggunaan internet dalam menggerakan masyarakat sipil. Serta hak digital yang juga dijamin adalah hak untuk merasa aman. Di mana pengguna dijamin bebas dalam penyadapan massal dan pemantauan tanpa landasan hukum.

“Di sini warga digital memiliki perlindungan atas privasi, hingga aman dari penyerangan secara daring,” tambahnya.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Managing Director Kaizen Room, Aidil Wicaksono dan Dosen dan Ketua STIKOSA AWS, Meithiana Indrasari serta Ilustrator & Comic Artist, Muhammad Iqbal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *