Marketplus.id – Indonesia bisa mengembangkan potensi ekonomi dengan strategi digital. Namun harus disadari bahwa ada ancaman-ancaman akibat digitaliasi misalnya budaya asing yang masuk.

Meski sebelumnya warganet Indonesia mendapat predikat buruk terkait etika, namun ada pula kabar baik lainnya bahwa Indonesia di mata dunia juga diakui sebagai negara yang indah dan memiliki potensi dalam pengembangan pariwisata, karena Indonesia menjadi nomor 1 The Most Beautiful Countries in The World 2022 versi Forbers.

“Dalam konteks tantangan budaya bermedia digital tantangan kita dihadapkan pada wawasan kebangsaan yang kabur karena kita terpengaruh nilai-nilai dari luar,” ujar Pegiat Media Literasi UMM, Muhammad Himawan saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Selasa (12/10/2022).

Sementara itu dengan adanya digitalisasi, seharusnya menjadi pendapatan potensial dibanding hanya menjadi konsumen saja. Ia pun menggambarkan ekonomi digital yang sudah besar sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di sektor sosial ekonomi.

“Maka perkembangan barang dan jasa tergantung kepada sejauh mana perkembangan teknologi digital dapat dijangkau,” katanya lagi.

Situasi Indonesia dalam perkembangan e-commerce tahun 2021 menunjukkan pertumbuhan 52 persen dengan nilai 70 miliar dolar. Indonesia punya 158 juta pengguna e-commerce, yang dipastikan akan berkembang lagi. Kemudian ada 21 juta konsumen digital baru, sehingga menjadi peluang besar pada bisnis-bisnis berbasis digital.

Di sinilah titik ekonomi kemudian berkembang, dengan mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Pegiat Media Literasi UMM, Muhammad Himawan dan Presenter AMTV Media PBNU Jatim, Ika Chairani, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) Indra Brasco. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *