Marketplus.id – Toko online sebagai sebuah website atau platform sarana transaksi pembelian produk secara online melalui e-commerce maupun website pribadi di era digitalisasi ini begitu potensial menjadi sumber pendapatan.

“Membangun toko online ini tidak terbatas pada e-commerce, tapi bisa membuat website sendiri dan kita pasarkan juga melalui media sosial,” ungkap Freelancee IT, Hasbi Rivanda saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Rabu (12/10/2022).

Selain toko online seseorang juga bisa menekuni bisnis afiliasi, suatu kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Lebih jauh ia mengatakan bisnis digital sangat beragam, jangkauan pasar lebih luas, dan bertujuan jangka panjang. Dalam hal transaksi pun pelanggan sangat dimudahkan dengan sistem yang ada saat ini. Potensi penghasilannya pun tanpa batas.

Untuk mempersiapkan bisnis online, Hasbi mengatakan untuk memilih media sosial yang mudah, pilih juga konten yang disukai sebaiknya berdasarkan hobi. Kemudian lakukan teknik ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi, desain dengan aplikasi yang mudah serta dapat dipelajari melalui YouTube dan Google.

Sementara itu di era digital jenis pekerjaan seperti podcaster berupa konten audio yang bisa diakses secara online dan bersifat on-demand atau sesuai permintaan, platform yang digunakan bisa Sportify atau YouTube. Media digital lainnya seperti Instagram juga melahirkan para selebgram, kemudian YouTube dengan para konten kreatornya. Semua pilihan jenis pekerjaan baru ini bisa ditekuni untuk mendapatkan kesempatan memperoleh sumber ekonomi baru.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Pengusaha dan Digital Trainee, Graphologist Diana Aletheia, Freelancee IT, Hasbi Rivanda serta Direktur Signa Computer & Celullar M Ismanu Roziqi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *