Marketplus.id – Beberapa hal melatarbelakangi masyarakat untuk memiliki digital skills. Utamanya sebagai pilar dalam indeks informasi dan literasi data, masyarakat Indonesia dipandang perlu mengakses, mencari, menyaring, dan memanfaatkan setiap data dan informasi yang diterima dan didistribusikan dari dan ke berbagai platform digital yang dimilikinya.

“Latar belakang utamanya karena pengguna internet di Indonesia sudah semakin besar,” ujar Relawan TIK Surabaya dan Freelancee IT, Hasbi Rivanda saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Selasa (11/10/2022).

HootSuit sendiri mengungkap pada awal 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta atau sudah 73,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Cakap bermedia digital sendiri meliputi penggunaan software dan hardware dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan, media sosial, dompet digital, loka pasar hingga transaksi digital.

Hasbi pun berbagi secara spesifik mengenai mengoptimalkan fungsi mesin pencari, pertama dengan menggunakan tanda kutip untuk mencari sesuatu yang dangat spesifik. Misalnya bila ingin mencari rumus phytagoras, maka ketik di Google rumus matematika “phytagoras”. Sehingga akan muncul rumus tersebut, artikel selain itu tidak akan ditampilkan.

Selain itu pengguna juga dapat menggunakan tanda strip untuk menghilangkan kata tertentu. Kemudian tips secara spesifik mencari filetype:ppt yaitu cukup tuliskan rumus matematika filetyle, maka akan keluar tipe file. Hal ini berlaku juga untuk tipe PDF, cukup tambahkan kata filetype:pdf setelahnya kata kunci pencarian.

Selain itu bagi konten kreator, menambahkan hastag dan caption akan mengoptimalkan konten tersebut lebih banyak terlihat pengguna lainnya. Sehingga memakai hastag yang tepat dan caption dengan kata kunci akan memberikan efek berbeda pada unggahan konten.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Pengusaha dan Digital Trainee, Graphologist Diana Aletheia, Relawan TIK Surabaya dan Freelancee IT, Hasbi Rivanda serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) Enno Lerian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *