Marketplus.id – Anak-anak sekarang ini merupakan generasi digital native. Mereka sudah mengenal teknologi sejak lahir. Meski lebih piawai dibandingkan orangtua dalam menggunakan teknologi, mereka tetap perlu didampingi agar dapat menggunakannya dengan etika baik.

Pengurus Relawan TIK Jember , Jawara Internet sehat 2022, dan Pegiat Digital, Afif Ainur Rifqi S.Kom mengatakan, pola asuh anak merupakan hal terpenting dalam mengedukasi anak tetap beretika di dunia digital. Sehingga mereka selalu menjaga sopan santun ketika bermedia digital.

“Usahakan kalau punya anak, bapak dan ibu memberikan contoh baik, karena apa yang kita lakukan itu kadang terekam oleh anak kita. Jadi kita berikan contoh baik. Anak merekam dan panutan anak kita adalah orangtuanya,” kata Afif saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat (21/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Ketika menggunakan media sosial, anak-anak harus berperilaku sesuai netiket atau tata krama berinternet. Mereka harus ingat keberadaan orang lain di dunia maya. Taat kepada standar perilaku online sama dengan yang dijalani dalam kehidupan nyata.

“Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan para pengguna internet lainnya. Menghormati privasi orang lain,” kata Afif.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Digital Marketer, Lim Sau Liang. Kemudian Dosen Ilmu Komunikasi dan Sekretaris PWI Jatim, Dr. Cand. Drs.Eko Pamuji, M.I.Kom, serta mengundang Pengurus Relawan TIK Jember , Jawara Internet sehat 2022, dan Pegiat Digital, Afif Ainur Rifqi S.Kom.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *