Marketplus.id – SPORTEL akan kembali menyapa pasar Asia, kali ini untuk pertama kalinya SPORTEL memilih Bali, Indonesia menjadi tuan rumah SPORTEL Asia. Acara ini akan diselenggarakan di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali selama dua hari, mulai dari tanggal 23 hingga 24 Februari 2023.
Selain menjadi pameran dan tempat pertemuan olahraga bertaraf internasional, SPORTEL menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk terhubung kembali dan menjalankan bisnisnya dengan para pemimpin bisnis olahraga utama dari pasar Asia-Pacific (APAC).
Indonesia, sebagai pemilik lokasi yang strategis kali ini terpilih menjadi tuan rumah SPORTEL Rendez-vous, setelah empat tahun absen di pasar Asia yang terakhir kali diadakan pada 2019 di Makau. Sebagai populasi terbesar keempat dan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat, pasar Indonesia juga memiliki minat terhadap olahraga dan teknologi yang juga sangat besar. Data menunjukkan, pasar APAC berkembang pesat dengan total pendapatan OTT sebesar US$ 49,2 Miliar pada tahun 2022 dan pendapatan media olahraganya diprediksi akan terus tumbuh sebesar 6% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.
Memiliki prioritas utama untuk selalu memberikan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan kliennya, SPORTEL telah mempersiapkan rangkaian program spesial yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dari banyaknya pilihan pameran dan sponsor yang akan tersedia. Tata lokasi dari booth yang tersedia juga telah diatur dan disesuaikan dalam satu ballroom yang luas untuk memaksimalkan lalu lintas serta jaringan & peluang bisnis yang akan terjadi.
Empat minggu sebelum kick-off acara, banyak decision makers, pemegang hak siar hingga pemain baru dalam industri olahraga dan kreatif dari Asia dan Oceania yang akan turut serta dalam rangkaian SPORTEL Rendez-vous Bali ini, yang meliputi, Asia-Pacific Broadcasting Union, CAA eleven, CJ ENM, Cubmu, Culver Max Entertainment, EMTEK, Enveu, Football Marketing Asia, Fox Sports, Ideal Systems, IEG, IMG, Infront Pan-Asia, MNC, Paramount, Sport Five Asia, Stan, Vietcontent, Vidio, TransTV, dan masih banyak lagi yang akan mengkonfirmasi keikutsertaannya di bulan Februari mendatang.
Selain itu, berbagai perusahaan besar asal Eropa dan Amerika juga turut hadir untuk mengembangkan peluang bisnis baru, jaringan dan membuat kesepakatan dalam acara ini. Perusahaan tersebut meliputi Bundesliga, Dorna Sports, FIFA, Formula E, Komite Olimpiade Internasional, LaLiga, Seri A, NBA, Spanish Basketball League, Mediapro, PGA Tour, dan masih banyak lagi.
“Saya selalu menikmati momen saat menghadiri acara SPORTEL karena hanya disini satu-satunya tempat dimana perusahaan teknologi, penyiaran, dan federasi olahraga dapat berkumpul bersama. Hal ini bukan hanya sebagai tempat untuk mencari pelanggan tetapi juga tempat terbaik untuk memahami tentang teknologi di masa depan,” ujar Meghna Krishna, CRO dari Magnifi.
Konferensi inovatif yang berfokus pada pasar APAC
Untuk memberikan seluruh pengunjung SPORTEL peluang yang sama dalam memajukan bisnis mereka masing-masing, program KTT konferensi khusus yang dipimpin oleh pengambil keputusan yang berpengaruh dan “innovative disruptors“ ini akan mengeksplorasi wawasan terbaru tentang media olahraga.
Topik yang dibahas akan berupa “Gambaran Besar – Asia”, dimana terdiri dari pembahasan terkait properti sepak bola internasional, olahraga motor, perubahan budaya dan keragaman, serta tren terbaru dalam teknologi olahraga untuk OTT, streaming, saluran FAST, cloud, AI, NDI, esports seluler, dan sesi “pitch” yang inovatif.
Selain Pasar Konten Olahraga & KTT Konferensi serta acara jaringan yang berlangsung di SPORTEL Rendez-vous Bali, terdapat juga side-event untuk mengembangkan kesempatan bisnis baru dan juga memperluas pengalaman SPORTEL Bali seperti turnamen Golf dan Voli Pantai. Terselenggaranya acara SPORTEL Rendez-vous Bali ini pun didukung oleh PT.SGMW Wuling Motor Indonesia.
Adapun pembicara pertama yang diumumkan meliputi:
- Alex ARROYO, Head of Media Rights, DORNA SPORTS (MOTOGP)
- Tom BROOM, SVP, Co-Head of Media APAC, IMG
- Paul CALDER, Head of Media Sales, FIFA
- Mark CHEW, Co-founder & Managing Director, REDDENTES SPORTS, REED+E
- François DAZEMAR, APAC Operations Director, ORIGINS DIGITAL
- Luigi DE SIERVO, CEO, LEGA NAZ. PROFESSIONISTI SERIE A
- Sandrine DURAND, VP Channels &Co-Founder, SOFAST
- Sutanto HARTONO, CEO, Surya Citra Media & Vidio.com, EMTEK
- Stephen HODGE, CEO, OTTERA
- Adam HOWARTH, Head of Content Acquisitions, FOX SPORTS
- Henri KAMERLING, Managing Director of Football, Rugby and Global Partnerships, PITCH INTERNATIONAL
- Meghna KRISHNA, Chief Revenue Officer, MAGNIFI
- Roland LAM, Senior Director Media Rights, Asia Pacific Japan ESL FACEIT GROUP
- Karen LAY, Executive Director, Media & Business Development, SPORTFIVE ASIA PTE. LTD.
- Philipp MAENNER, Senior Director Media Rights, WRC PROMOTER GMBH
- Callum MCCARTHY, Editor, SPORTBUSINESS
- Kevin MCCULLAGH, Editor Asia Pacific, SPORTBUSINESS
- Fintan MC KIERNAN, Chief Executive Officer – South-East Asia, IDEAL SYSTEMS
- Peer NAUBERT, Chief Marketing Officer, BUNDESLIGA INTERNATIONAL GMBH
- Alexandre PAUGAM, Streaming Market Development Director, APAC-EMEA, HARMONIC INC.
- Guy PORT, Head of Asia Pacific, WSC SPORTS
- Dini PUTRI, Director, RCTI, MNC GROUP
- Andrew ROGERS, Director Commercial, ASIAN FOOTBALL CONFEDERATION
- Raj SAMBWANI, APAC Lead, GLOBAL SPORTS INNOVATION CENTER
- Clarissa TANOESOEDIBJO, Managing Director, PT. MNC OTT NETWORK (VISION+), MNC GROUP
- Imran YUSUF, Senior Reporter, SPORTBUSINESS