20 Juni 2024

Marketplus.id – PT Mowilex Indonesia (Mowilex) meresmikan pabrik barunya di Cikande bersama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan perwakilan dari perusahaan induk Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd (ACE).

Pabrik yang dirancang dengan konsep bangunan hijau (green building) untuk mengurangi emisi karbon hingga 7%. Peresmian ini juga sekaligus untuk merayakan 53 tahun Mowilex telah memproduksi cat dan pelapis premium dan turut andil dalam pembangunan Indonesia.

Pabrik Mowilex di Cikande, menggantikan pabrik Mowilex saat ini di Daan Mogot, Jakarta Barat. Menggabungkan teknologi yang secara signifikan meringankan dampak lingkungan. Pada arsitekturnya terdapat skylight yang akan memotong penggunaan listrik untuk penerangan dan menurunkan suhu interior.

Teknologi kaca ganda (double glass) mengurangi kebutuhan akan pendingin ruangan. Sistem pengolahan air tanpa limbah (Zero Waste Water) memproses dan membersihkan air yang digunakan dalam produksi, hasil penyulingan digunakan kembali untuk mengairi 37% lanskap pabrik. Mowilex juga beralih dari menggunakan forklift versi diesel menjadi forklift versi elektrik. Pada pabrik Cikande, Mowilex menciptakan lab luar ruangan untuk mendukung tes dan pengembangan formula baru berkualitas tinggi.

Pada acara peresmian ini, Mowilex turut mengundang Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi / Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang diwakilkan oleh Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Nurul Ichwan, yang menyambut dengan baik undangan ini. Ditemui pada acara, Nurul Ichwan mengatakan, “Kementerian Investasi/BKPM juga sangat mendukung atas inovasi yang dilakukan oleh Mowilex untuk mengembangkan pabriknya dengan konsep green factory. Dengan konsep ini, perusahaan juga mampu mengurangi emisi karbon hingga 7%. Kami berharap inovasi tersebut bisa menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain dalam upaya mencapai emisi nol karbon di Indonesia pada tahun 2060.”

Dengan pabrik barunya, Mowilex meneruskan komitmen lingkungan yang telah dimulai semenjak meluncurkan cat berbahan dasar air pertama di Indonesia pada tahun 1970. Lima dekade kemudian, Mowilex menjadi perusahaan bersertifikat netral karbon pertama di Indonesia.

“Mowilex memperoleh sertifikasi netral karbon berturut-turut dari tahun 2019 – 2022, kami bangga hal ini mampu memberikan dampak positif yaitu mengurangi konsumsi karbon, kami akan memastikan seluruh kegiatan kami selalu berbasis lingkungan untuk melindungi konsumen. Kami merupakan produsen cat yang tidak lagi menggunakan timbal pada cat kayu dan besi mulai dari tahun 2019, melalui kampanye Mowilex Pasti Aman, kami memastikan mengedukasi konsumen serta toko untuk menjual produk batch terbaru tanpa timbal.”, ujar Novina Tjahjadi, Direktur PT Mowilex Indonesia.

Mowilex mengambil pendekatan holistik untuk implementasi lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG). Tonggak sejarah yang baru-baru ini dilakukan meliputi:

  • Lingkungan: Dengan berinvestasi dalam penyeimbangan dan meningkatkan efisiensi, Mowilex mencontohkan kepemimpinan lingkungan sekaligus membantu Indonesia mencapai target karbon nol bersih pada tahun 2060. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia untuk menanam 50.000 pohon mangrove yang akan melindungi garis pantai dan menangkap karbon.
  • Sosial: Semenjak 2018, Mowilex telah mendonasikan lebih dari 209.000 liter cat dan mengabdikan 6.665 jam untuk melakukan pekerjaan sukarela untuk sekolah, taman bermain, rumah ibadah, kantor pemerintahaan, institusi dan proyek komunitas. Untuk internal (karyawan) Mowilex juga menyediakan tes kesehatan tahunan gratis serta asuransi kesehatan.
  • Tata Kelola: Cat Mowilex telah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia dan sertifikasi Green Label dari Green Product Council Indonesia. Perusahaan juga memperoleh ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu dan ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan.

Program ESG yang inovatif serta pengakuan lokal dan internasional yang telah didapatkan oleh cat dan pelapis premium Mowilex, termasuk diantaranya penghargaan TOP Brand dan Brand Choice untuk produk cat eksterior, interior dan kayu. Mowilex adalah satu-satunya produsen cat yang dinobatkan sebagai Best Managed Company oleh Deloitte dan satu-satunya perusahaan cat di Asia yang menerima penghargaan industri dari Frost and Sullivan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *