Marketplus.id – Dalam sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, 1ENGAGE, yang merupakan pelopor dalam penyediaan solusi interaksi end-to-end & agensi digital untuk pelatihan keterampilan, akan menyelenggarakan program pelatihan keterampilan digital selama setahun yang dimulai pada tanggal 1 November 2023, melalui kolaborasi dengan Meta dan GSMA, yang mewakili industri mobile secara global.
Kerja sama strategis ini merupakan kelanjutan dari acara bergengsi GSMA: M360 APAC di Seoul pada bulan September ini, yang mengeksplorasi tema “Leading a Digital-First Future” dan melanjutkan kerja sama GSMA APAC dengan Meta untuk membangun Negara Digital yang lebih inklusif.
Program ini bertujuan untuk mengatasi hambatan keterampilan digital bagi 65 juta UMKM di Indonesia dan mendorong inklusi digital menyeluruh. Landasan misi ini sejalan dengan tujuan Smartfren for Business untuk memperdalam implementasi program keterampilan digital dasar dengan merancang kampanye khusus untuk UMKM yang belum terlayani.
Dengan membekali UMKM dengan keterampilan digital, termasuk interaksi di platform seperti WhatsApp for Business, inisiatif ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat UMKM dan dapat menavigasi lanskap digital dengan percaya diri.
Inti dari pelaksanaan misi ini adalah peran sentral 1ENGAGE yang akan memimpin upaya pelatihan keterampilan digital di lebih dari 10 kota kecil di Indonesia, dengan komitmen untuk memperluas ke lebih banyak kota di masa depan. 1ENGAGE unggul sebagai campaign agensi, yang mengutamakan layanan manajemen campaign dengan menerapkan pendekatan conversational. Keahlian agensi ini di bidang tersebut menegaskan perannya sebagai katalisator perubahan. Smartfren for Business sebagai agen tunggal dan mitra eksklusif 1ENGAGE di Indonesia, akan lebih memperkuat kapasitas operasional kerja sama ini.
Kok Leong Yap, CEO di 1ENGAGE, berkata, “Kesatuan visi Meta, misi GSMA, dan keahlian 1ENGAGE menandai momen penting dalam komitmen kami terhadap inklusi digital. Melalui kerja sama strategis dan inisiatif yang terfokus, kami siap untuk mendorong perubahan nyata di komunitas-komunitas Indonesia, menjembatani kesenjangan digital dan mempromosikan masa depan digital yang lebih inklusif. Pelatihan kami akan dimulai dari dasar, termasuk conversational marketing melalui platform seperti WhatsApp for Business, serta pemanfaatan media sosial di platform seperti Facebook dan Instagram.”
Alim Gunadi, CEO di Smartfren for Business, juga menambahkan, “Smartfren dengan bangga menjalin kemitraan dengan 1ENGAGE, Meta, dan GSMA dalam inisiatif transformasional ini. Kolaborasi kami bertujuan untuk memberdayakan keterampilan digital dan mendorong perubahan positif di Indonesia. Melalui keahlian 1ENGAGE, khususnya dalam conversational marketing, kami memberdayakan UMKM dan Usaha Besar untuk terhubung secara efektif dengan pelanggan, dengan memanfaatkan platform seperti WhatsApp yang digunakan secara luas oleh 92% pengguna internet di Indonesia.”
Paul Kim, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Internasional & Kemitraan Operator di Meta berkata “Kami mendukung program 1ENGAGE dan yakin bahwa program ini akan memberdayakan UMKM serta memberikan kontribusi yang bermakna pada transformasi digital di Indonesia.”
Max Cuvellier Giacomelli, Kepala Mobile for Development di GSMA, mengatakan “Di seluruh dunia, kami melihat dampak transformasional yang dimiliki keterampilan digital yang tepat terhadap perkembangan ekonomi dan sosial. Kami melihat potensi besar program ini untuk memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia untuk melakukan transformasi digital pada bisnis mereka, membangun ketahanan, dan mendorong perubahan positif.”