Marketplus.id – Perencanaan menjadi salah satu tahapan paling penting dalam mengelola keuangan, khususnya bagi generasi muda, karena apabila tidak direncanakan dengan baik, generasi muda akan semakin sulit mencapai tujuan keuangan mereka.

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan Gen Z sebesar 44 persen dengan jumlah penduduk Gen Z di tahun 2019 sebesar 72,9 juta jiwa, yang merupakan 27 persen dari total populasi Indonesia.

Data ini menjelaskan bahwa saat ini tingkat literasi keuangan generasi muda masih rendah, karena di bawah 60 persen. Selain itu, OJK juga mengungkapkan bahwa 60 persen pinjaman dari fintech disalurkan kepada nasabah usia 19-34 tahun, atau didominasi oleh Gen Z dan Milenial.

Sebagai layanan penyedia keuangan dengan pengalaman lebih dari 38 tahun, Manulife Indonesia memahami kompleksitas informasi yang tersedia terkadang menghalangi generasi muda untuk mulai merencanakan keuangan mereka. Oleh karena itu, Manulife Indonesia sudah merangkum lima keuntungan dari perencanaan keuangan yang pastinya akan semakin meyakinkan generasi muda untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini.

Yuk, simak manfaat perencanaan keuangan sejak dini dari Manulife Indonesia!

  1. Menciptakan kebiasaan yang baik sekaligus mengembangkan keterampilan pengelolaan uang

Mengembangkan kebiasaan perencanaan keuangan yang bijak akan membuat kamu semakin disiplin dalam mengatur uangmu, lho! Kedisiplinan ini sangat penting untuk membuat keputusan keuangan yang baik, menahan diri dari pengeluaran impulsif, dan tetap berkomitmen pada tujuan keuangan jangka panjang.

Selain itu, dengan pola pengelolaan keuangan yang baik ini, kamu juga akan lebih adaptif terhadap situasi dan kondisi yang dinamis dan terus berubah. Dengan ini, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengendalikan masa depan finansialmu.

  1. Mengantisipasi hal-hal tidak terduga

Terkadang, kita terburu-buru ingin “nyaman” secara finansial dengan memiliki dana pensiun yang terjamin, liburan, punya kendaraan baru, dan lain-lain. Padahal, sebelum “nyaman”, kita perlu “aman” terlebih dahulu dengan memiliki pondasi keuangan yang sehat dan kesiapan untuk menghadapi berbagai hal-hal tidak terduga dalam hidup, seperti keluarga atau diri sendiri yang jatuh sakit, perbaikan kendaraan, hingga kehilangan pekerjaan. Bila dikelola secara bijak, hal ini akan sangat membantu kamu agar tidak perlu berutang ketika hal-hal tidak terduga terjadi.

Asuransi memainkan peran penting dalam perencanaan keuangan dengan memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko dan ketidakpastian. Salah satunya dengan asuransi kesehatan yang dapat membantu kita dalam mengantisipasi risiko keuangan akibat tingginya biaya pengobatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. MiUltimate HealthCare oleh Manulife Indonesia merupakan solusi yang tepat sebagai asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan fitur pembayaran manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan, sesuai plan yang dipilih.

Jangan lupa, dalam memilih asuransi kamu perlu menilai potensi risiko yang mungkin terjadi agar dapat mengidentifikasi perlindungan yang tepat, baik asuransi kesehatan, jiwa, properti, dan lain-lain.

  1. Menambah pemasukan untuk capai aspirasi finansial

Setelah memastikan kita memiliki arus keuangan yang sehat dan kesiapan untuk menghadapi berbagai tantangan hidup, kita dapat mulai berfokus untuk menambah pemasukan dari sumber-sumber lain, salah satunya investasi. Dengan berinvestasi, kita dapat menyikapi berbagai tantangan keuangan, seperti inflasi, mendiversifikasi portofolio, hingga pada akhirnya mencapai kenyamanan finansial.

Perlu diingat, jangan sembarangan memilih instrumen investasi, ya! Pastikan produk investasi yang kamu pilih sesuai dengan pemasukanmu, tujuan keuangan, profil risiko, kebutuhan kamu hingga jangka waktu yang kamu targetkan. Untuk kamu yang ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan perlindungan diri, kamu dapat menggunakan berbagai produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (Paydi) yang disediakan oleh Manulife Indonesia, salah satunya MiSmart Insurance Solution (MiSSION) yang memberikan perlindungan jiwa, investasi optimal, serta Manfaat Akhir Pertanggungan untuk melengkapi kenyamanan hidup.

Selain dengan berinvestasi, manfaatkan juga skill-mu! Misalnya dengan membuka usaha F&B, menjadi freelance fotografer, atau membantu proyek temanmu dengan menjadi graphic designer. Sedangkan untuk kamu yang jago networking, kamu juga bisa menjadi agen asuransi Manulife, lho!

  1. Membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang

Nah, setelah kamu mendapatkan pemasukan dari pekerjaan maupun investasi, kamu pun akan selangkah lebih dekat dengan tujuan keuangan jangka panjangmu. Apakah kamu memiliki rencana untuk membeli rumah, mobil, memiliki sekolah impian untuk anak, atau mempersiapkan diri menuju masa pensiun? Pengelolaan keuangan yang baik akan membantu kamu menetapkan dan mencapai tujuan tersebut. Selain itu, tujuan keuangan yang jelas akan memotivasi dan memandu kamu untuk membuat keputusan finansial yang lebih cerdas.

Dalam menetapkan tujuan keuangan, kamu bisa menggunakan prinsip SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound atau spesifik, terukur, realistis dan dapat dicapai, relevan dengan situasi yang ada, serta memiliki jangka waktu yang jelas. Untuk membantu kamu memenuhi indikator tersebut, Manulife Indonesia menghadirkan Manulife Saving Protector (MSP), sebuah asuransi yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan untuk mempersiapkan dana hari tua dan pendidikan anak.

Lebih dari itu, untuk kamu yang menginginkan solusi asuransi jiwa berbasis syariah, kini Manulife Indonesia memiliki Manulife Perlindungan Diri Syariah (MPDS), di mana dengan kontribusi bulanan mulai dari Rp250.000, kamu dapat lebih siap menghadapi berbagai tahapan kehidupan dewasa!

  1. Mengatur aset menjadi peninggalan yang berharga bagi generasi selanjutnya

Pada akhirnya, seluruh upayamu dalam membuat rencana dan mengelola keuangan akan membantu kamu melestarikan dan menumbuhkan aset seiring berjalannya waktu. Dengan menerapkan strategi seperti investasi, asuransi, perencanaan, dan optimalisasi pajak, kamu dapat melindungi asetmu dan memastikan peninggalan finansial yang langgeng nan berharga. Perencanaan yang matang dapat membantu menghindari perselisihan keluarga dan memastikan transisi finansial yang optimal.

Kini, kamu tidak perlu khawatir akan pengelolaan dan pembagian asetmu di hari tua. Dengan MiProsper Assurance for Pension (MiPASSION) oleh Manulife Indonesia, kamu akan mendapatkan perlindungan penuh selama masa produktifmu dan memberi manfaat kesehatan di masa pasca-pensiun.

Lebih dari itu, kamu juga dapat memanfaatkan Manulife Essential Assurance (MEA), yang memiliki jaminan perlindungan seumur hidup hingga tertanggung berusia 99 tahun, jaminan nilai tunai yang tidak dipengaruhi fluktuasi pasar, hingga tambahan manfaat meninggal akibat kecelakaan.

Manulife Indonesia hadir dengan beragam produk yang sesuai dengan kebutuhan, profil risiko, dan aspirasi finansial nasabah. Seluruh upaya ini dilakukan sejalan dengan misi perusahaan yaitu untuk membantu masyarakat membuat keputusan lebih mudah serta hidup lebih baik.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui betapa pentingnya perencanaan yang bijak demi masa depan yang lebih terjamin. Yuk, mulai kelola dan atur keuanganmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *