Marketplus.id – PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai bagian dari sebuah financial group yang kuat, kolaborasi bersama dengan jaringan anggota dari financial Group MUFG, antara lain MUFG Bank, serta perusahaan Multifinance Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Mandala Finance.

Berkaca pada pangsa pasar syariah yang besar di Indonesia, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui Unit Usaha Syariah (Danamon Syariah) terus berkomitmen membantu nasabah dan masyarakat muslim Indonesia mendapat kesejahteraan finansial berdasarkan prinsip syariah hingga memenuhi kebutuhan menjalankan ibadah haji dan umrah.

Dengan ekosistem bisnis yang luas di dalam negeri dan jaringan global melalui MUFG, salah satu wujud dari komitmen untuk menghadirkan solusi keuangan holistik dan membantu nasabah memenuhi kebutuhan finansialnya, Danamon Syariah mengadakan Danamon Syariah Travel Fair 2024, yang berlangsung selama empat hari dari 21 – 24 Maret 2024 bertempat di Gandaria City Mall, Jakarta.

Adapun melalui Danamon Syariah Travel Fair 2024, nasabah dan masyarakat dapat mengakses penawaran lengkap dan menarik mulai dari penawaran perjalanan Haji & Umrah, layanan-layanan perbankan, serta berbagai kegiatan seru lainnya, seperti ngabuburit dan talkshow, juga berbagai pertunjukan musik, dan hiburan lainnya.

Sesi talkshow Danamon Syariah Travel Fair 2024 membahas beragam topik menarik mulai dari ZISWAF, Ibadah Haji dan Halal Lifestyle yang menghadirkan narasumber ternama dan ahli dibidangnya.

Terkhusus pada sesi kedua talkshow (23/3/2024) Danamon Syariah Travel Fair 2024 mengadakan talkshow “Keutamaan Ibadah Haji untuk Umat Muslim” dan hadir sebagai narasumber Herry Hykmanto, Direktur Syariah & Sustainability Finance; Ustadz Erick Jusuf; Syam Resfiadi, Ketua Asosiasi SAPUHI dan Direktur Utama Patuna Travel; dan H. Alfa Edison, Direktur Utama Travel Alfa Tour Kaza Mustika dan Wakil Ketua Umum Asosiasi SAPUHI serta dipandu oleh Gunawan Yasni, Ekonom, Ahli dan Praktisi Keuangan Syariah dan Anggota Dewan Syariah Nasional.

Narasumber menjelaskan dengan detail berbagai tema seperti persiapan keberangkatan haji hingga berbagai tips and tricks-nya, kekurangan dan kelebihan paket-paket haji yang tersedia, hingga strategi perencanaan finansial, program dan produk yang ditawarkan Danamon Syariah guna mempermudah rencana haji calon jemaah.

“Danamon Syariah hadir untuk memfasilitasi kebutuhan jemaah dalam persiapan haji dan umrah, dengan menyediakan berbagai promo dan produk finansial yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah kami” ujar Herry Hykmanto, Direktur Syariah & Sustainability Finance Danamon.

Lebih lanjut Herry menjelaskan Danamon Syariah memberikan layanan finansial yang komprehensif dan inovatif untuk segala kebutuhan mulai dari tabungan syariah, pembiayaan kepemilikan rumah syariah, pembiayaan kepemilikan kendaraan syariah, pembiayaan koperasi karyawan, pembiayaan modal kerja, pembiayaan leasing IMBT, hingga kebutuhan realisasi ibadah haji dan umrah, seperti pendaftaran haji khusus dan reguler, tabungan haji, tabungan umrah, dan layanan pembayaran ZISWAF serta layanan lainnya.

Tidak hanya membahas tentang Ibadah Haji, ZISWAF sebagai bagian dari fenomena social banking, juga mendapatkan sorotan khusus dalam acara Danamon Syariah Travel Fair 2024. Pada hari kedua Danamon Travel Fair Syariah 2024 (22/3/2024) Danamon Syariah mengadakan talkshow “Membangun Wakaf Produktif” dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya dari Badan Wakaf Indonesia dan Dompet Dhuafa.

Pembahasan mengenai wakaf produktif dan non-produktif juga mengemuka. Semisal wakaf di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yaitu wakaf produktif dan non-produktif. Wakaf non-produktif fokus pada pemberian manfaat langsung seperti pada masjid, sekolah, dan rumah sakit.

Adapun, wakaf produktif melibatkan penggunaan aset tetap untuk kegiatan produksi, dengan hasilnya digunakan sesuai tujuan wakaf. Kini, wakaf telah berkembang menjadi kegiatan yang mendukung pemberdayaan masyarakat, tidak hanya terbatas pada aspek sosial, tetapi juga termasuk pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi, khususnya bagi usaha mikro kecil.

Guna mempermudah perjalanan umat muslim dalam melakukan wakaf, Danamon meluncurkan Social Banking, platform digital yang memudahkan wakaf, memberikan kontrol kepada generasi muda muslim untuk berkontribusi secara praktis. Inisiatif ini mendukung pengembangan wakaf tunai di Indonesia yang menunjukkan komitmen Danamon membantu mencapai kesejahteraan.

Dengan demikian, Danamon Syariah Travel Fair 2024 menandai langkah penting dalam mendukung dan memfasilitasi kebutuhan spiritual dan ekonomi umat Islam di Indonesia. Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dan materi yang relevan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan persiapan umat Islam dalam menunaikan ibadah haji serta memanfaatkan potensi wakaf untuk pemberdayaan sosial dan ekonomi.

Danamon Syariah selalu berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi kebutuhan umat Islam dalam beribadah dan berwakaf, mengarah pada kesejahteraan yang berkelanjutan bagi masyarakat. Travel Fair ini hanyalah salah satu dari banyak inisiatif yang diambil oleh Danamon Syariah dalam mewujudkan komitmen tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *