16 Juni 2024

Marketplus.idGelaran POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 di tahun ke-11 yang akan dilakukan di Bandung pada 20-21 Juli 2024 mendatang, hadir dengan dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung.

Tahun ini, POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 mendapatkan dukungan dari tiga Kementerian Republik Indonesia: Kementerian Pariwisata dan Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Kesehatan untuk memperkuat ekosistem #saferunning yang telah digaungkan POCARI SWEAT sejak 11 tahun lalu.

Hadir sebagai narasumber di konferensi pers POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 yang diselenggarakan di Melati Glass House, Hutan Kota by Plataran – Senayan, Jakarta: Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia; Maria Endang Sumiwi, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Bey Machmudin, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat; dan Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka.

Wina selaku perwakilan dari POCARI SWEAT mengatakan, “Sebagai event lari hybrid terbesar di Indonesia yang menargetkan 30.000 pelari di tahun 2024 ini, gelaran POCARI SWEAT Run selalu sukses menarik minat ribuan pelari yang baru pertama kali mengikuti lomba lari. Untuk itu, penguatan ekosistem #saferunning demi menciptakan pengalaman berlari yang aman dan nyaman, selalu menjadi prioritas kami sejak awal POCARI SWEAT Run diadakan.”

Ekosistem #saferunning adalah segala hal yang berkaitan dengan cara berlari yang aman dan terkait dengan keselamatan pelari, mulai dari materi edukasi, penyediaan hidrasi yang diperlukan sejak persiapan latihan lari, ketika berlari, hingga setelah berlari.

“Tentunya kami sepakat bahwa edukasi #saferunning menjadi prioritas untuk selalu diingatkan kepada pelari. Tidak hanya soal kesiapan fisik melalui latihan, menjaga hidrasi, fasilitas medis yang membantu menjaga keselamatan pelari, tapi juga harus bisa mengukur kekuatan diri sendiri. Kami berterima kasih kepada POCARI SWEAT yang sudah membuat tren berlari semakin besar di Indonesia. Data kami menunjukkan hanya 25% penduduk Indonesia yang aktif berolahraga. Tapi ketika satu orang berolahraga, akan punya efek berlipat ganda karena akan merembet pada kebiasaan makan bergizi dan keinginan menjaga kesehatan, dan kebiasaan-kebiasaan ini akan diikuti anggota keluarga lainnya,” kata Maria Endang Sumiwi, selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pada kegiatan puncak bulan Juli mendatang, POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 akan menghadirkan konsep lari secara hybrid dengan melibatkan total 30.000 pelari. “Menanggapi pertumbuhan pelari baru dan minat yang sangat masif, POCARI SWEAT Run yang biasanya dilakukan dalam 1 hari, tahun ini akan dilakukan selama 2 hari pada 20-21 Juli di Bandung. Untuk kegiatan virtual sendiri, akan dilakukan serempak tanggal 21 Juli di seluruh Indonesia dengan berkolaborasi dengan komunitas lari setempat di ratusan kota di seluruh Indonesia,” ujar Wina.

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengatakan, “Target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ditetapkan oleh Bapak Presiden Jokowi adalah dengan menghasilkan total 1,5 milyar pergerakan wisatawan. Pilar Sport Tourism diharapkan menjadi lokomotif programnya. POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 dengan konsep hybrid dan juga kolaborasi dengan ratusan kota di seluruh Indonesia untuk berlari bersama komunitas, tentunya punya peranan yang signifikan untuk membantu potensi Sport Tourism yang nilai ekonominya bisa mencapai Rp 19 triliun.”

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin juga menyampaikan apresiasinya, “Tidak dipungkiri, POCARI SWEAT Run juga memberikan dampak positif yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi, dan pariwisata di Jawa Barat. Kami harap kegiatan POCARI SWEAT Run Indonesia kedepannya bisa menjadi ajang selebrasi warga Bandung, dan membuka daerah wisata lainnya di Jawa Barat”.

“Tentunya dengan running event yang semakin besar, tidak akan bisa berdiri sendiri. Sehingga tahun ini, kita memperkuat ekosistem #saferunning dengan dukungan 3 Kementerian Republik Indonesia: Kemenparekraf, Kemenpora, dan Kemenkes, tentunya dengan Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung yang sudah mendukung sejak awal dilakukan di Bandung. Dan para sponsor yang terus mendukung kegiatan ini menjangkau area lebih luas setiap tahunnya,” tutup Wina.

POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, serta dukungan para sponsor: Jenius, 2XU, Garuda Indonesia, Blibli, Astra Life, Asics, MS Glow, Vaseline, Pertamina, Salonpas Let’s Move, Garmin, Plataran, Mayapada Hospital, Siloam Hospitals Group, Bluebird, Kahf, Santika Indonesia Hotels & Resorts, Alfamart, Sunpride, Shokz, Soyjoy, Daikin, Oronamin C, Telkomsel Halo, dan Kiara Artha Park.

Registrasi POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 virtual masih akan terus dibuka hingga 15 Juli 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *