16 Juni 2024

Marketplus.id – Pernikahan seringkali digambarkan menjadi sebuah pintu gerbang memasuki fase kehidupan berikutnya. Namun sebagai pasangan suami istri baru, tentu tak lepas dari berbagai penyesuaian.

Salah satu hal yang perlu didiskusikan adalah bagaimana menyiapkan pondasi keuangan yang kuat demi menghadapi tantangan di era modern saat ini. Dengan adanya keselarasan dan kebersamaan, pengelolaan finansial menjadi lebih terarah untuk masa depan keluarga yang harmonis.

Bagi pasangan modern, ingin tahu lebih lanjut cara mengelola keuangan masa kini? Jangan lewatkan tips mudahnya berikut ini!

Menggabungkan rekening bank untuk menangani keuangan bersama

Berdasarkan penelitian dari Indiana University, pasangan suami istri yang membuat rekening bersama memiliki kualitas hubungan lebih tinggi, serta lebih baik dalam menangani keuangan rumah tangga karena merasa ‘berada dalam hal ini bersama-sama’.

Jika memungkinkan, cobalah menggabungkan rekening bank, sehingga keduanya memiliki akses yang sama terhadap keuangan keluarga. Langkah ini juga cocok bagi pasangan yang ingin mengatur finansial secara sederhana dengan memonitor keuangan dalam satu rekening saja.

Sebagai bahan pertimbangan, beberapa pasangan juga membuka dua rekening bersama, yaitu tabungan darurat yang dapat ditarik oleh salah satu pasangan, serta tabungan keluarga untuk kebutuhan jangka panjang yang membutuhkan persetujuan keduanya untuk melakukan penarikan.

Membahas dan mencatat anggaran dengan saksama setiap bulannya

Selain memastikan jumlah pemasukan dalam manajemen keuangan rumah tangga, memantau seluruh pengeluaran juga tak kalah penting. Buatlah daftar pendapatan dan biaya yang dikeluarkan secara jelas, sehingga dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan yang tidak diperlukan.

Setelah menyusun anggaran keuangan bersama-sama, sesuaikan juga gaya hidup untuk menghindari penggunaan dana melebihi budget dan mencegah terjadinya pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan.

Tak hanya itu, sisihkan juga sebagian dari pendapatan setiap bulannya untuk menabung serta mempersiapkan dana darurat bagi keluarga. Yang juga perlu diperhatikan, selalu berpegang pada anggaran yang telah ditetapkan bersama pasangan, mendiskusikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian di luar rencana, dan meninjau kondisi keuangan secara berkala.

Terbuka terhadap kondisi keuangan untuk mengatur aset dan pinjaman

Kejujuran sangatlah dibutuhkan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Sebagai pasangan, keduanya harus saling terbuka dengan situasi keuangan masing-masing untuk mencapai tujuan finansial bersama.

Bersikaplah transparan terhadap pendapatan, aset, hutang, kebiasaan belanja, pandangan tentang uang, hingga skor kredit yang dapat mempengaruhi proses pengajuan pinjaman saat dibutuhkan di masa mendatang.

Terakhir, selalu biasakan untuk berdiskusi dengan pasangan mengenai kondisi finansial sebagai bagian dari rutinitas dalam pernikahan. Dengan begitu, keduanya dapat memperoleh informasi yang lengkap untuk menyusun anggaran keuangan secara tepat. Pos-pos pemasukan dan pengeluaran juga dapat dibuat secara jelas untuk membantu menghindari maupun menyelesaikan hutang.

Mengatur rencana investasi sebagai salah satu prioritas

Sama seperti menabung dan mempersiapkan dana darurat, berinvestasi juga menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun sebelum memulainya, diskusikan bersama pasangan besar dana yang akan digunakan sebagai investasi berdasarkan pertimbangan atas pendapatan dan pengeluaran dalam anggaran rumah tangga.

Selain itu, telusuri juga instrumen investasi yang tepat dengan memperhitungkan faktor risiko yang ditanggung dan hasil keuntungan yang diperoleh. Tingkat risiko dan return dalam investasi berbanding lurus, sehingga semakin tinggi keuntungannya maka semakin tinggi pula risikonya.

Berbagai bentuk investasi, baik itu reksa dana, obligasi, deposito, hingga tabungan emas digital, kini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan aman secara online melalui layanan perbankan digital.

Untuk membantu masyarakat dalam memenuhi beragam kebutuhan finansial, Maybank Indonesia telah hadir dengan layanan komprehensif M2U ID App (mobile banking), sebuah aplikasi yang menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi finansial secara mandiri. Dengan berbagai fitur cerdas M2U ID App, termasuk 360 Digital Wealth, pasangan di era modern saat ini dapat merasakan kemudahan mengatur pengelolaan dana, serta memiliki gambaran terhadap kondisi aset keuangan hanya dalam satu aplikasi saja. Mulai dari mengelola tabungan dan investasi, memonitor pinjaman Kartu Kredit dan KPR, membuat perencanaan keuangan dengan simulasi, hingga mengatur pengeluaran dari seluruh transaksi kartu kredit, debit, QR Pay dan e-wallet, semua dapat dilakukan dengan aman dan nyaman dalam genggaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *