5 Juli 2025
Screen Shot 2021-07-16 at 17.30.56

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Pasuruan, (16/7). Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Achmad Fuad Hasyim, Didin Mujahidin, Devie Rahmawati , Tio Prasetyo Utomo. dan Praseno Nugroho.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Milenials, Yuk Jadi Agen Literasi Digital“  dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 545 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Achmad Fuad Hasyim adalah Sekarang ini anak muda merupakan pemicu terbesar berkembangnya ekonomi kreatif melalui content digital.  Lantas bagaimana cara pendampingan terhadap anak sejak usia dini untuk mengenalkan media sosial dengan baik agar bisa mengasah keterampilan mereka dalam dunia digital dan untuk menuai ide yang bisa menjadi bisnis yang berkelanjutan?

Achmad Fuad Hasyim mengatakan, “Yang pertama dilakukan orangtua adalah, mengetahui minat anak, ajari mereka untuk melihat kamera, puji dia, biarkan mereka menjadi diri sendiri, bagaimana kita memantau? Kita perlu cek sesekali konten apa yang mereka nonton di youtube, kegiatan apa yang mereka lakukan di gawainya, dengan begitu kita bisa ikut menonton dan memahami cara dan jalan berpikir anak. Karena sebenarnya apa yang ditonton anak-anak di yutube itu menjadi salah satu hal yang mereka tiru dan terapkan dalam kehidupan mereka. Kemudian, ajarkan anak lebih berani untuk mengekspresiden diri”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *