2 Juli 2025
Screen Shot 2021-08-12 at 18.42.10

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Malang, (12/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Mirda Tri Aries Chandra, S.Pi., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES, Trisno Syahputra Wijaya, S.H, S.H.I., Indriyatno Banyumurti, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom., dan Drs. H. Sutiaji.

Dengan jumlah 2084 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Anjani Amitya Kirana adalah “Jika difokuskan kepada manusianya, agar manusia itu bisa mendapatkan banyaknya hal positif dari era digital adalah dengan mengenal diri sendiri. Bagaimana cara agar  mengenal diri sendiri? Apa yang benar-benar kita inginkan, karena banyak yang dari kita masih bingung dengan bakat dan minat. dan cara menentukan passion, mission, profession, itu?”.

Anjani memeparkan, “Mengasah bakat sesuai minat yang wajib dikombinasikan serta dikembangkan. Hal itu akan memberikan kemampuan skill yang luar biasa yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif bahkan untuk profesi. Cara untuk mengembangkan minat dan bakat lakukan latihan, belajar secara konsisten belajar dapat dilakukan melalui kursus offline, maupun virtual dengan bantuan platform yang mendukung.”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *