2 Juli 2025
Screen Shot 2021-08-26 at 18.23.34

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Malang, (26/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Iman Dwihartanto,CPS®., Cht, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Askan Setiabudi, CI., Andhika Yudha Pratama, S.Pd, M.Sc., Ulil Albab, Nina Ulfah N. Gaffar, dan Mita Maya Santi.

Dengan jumlah 2876 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Askan Setiabudi adalah “Apa yang harus saya siapkan dan skill apa yang harus saya punya ketika saya ingin berbisnis dengan menjual barang secara online. Adakah langkah awal dan strategi dalam bisnis online bagi pemula pak?”

Askan Setiabudi menuturkan, “Yang harus kita kuasai adalah kemampuan memahami produk apa yang dibutuhkan dan diperlukan masyarakat. Caranya dengan melihat di sekitar apa yang laris. Bisa juga dengan melihat produk apa yang laris di sosial media, Google. Kemampuan yang kita siapkan : kemampuan mencari pemasok dan dropshipper. Mulai dengan gunakan jasa dropshipper, supaya lebih efisien. Karena untuk menjadi Seller atau Reseller butuh modal. Tawarkan diri untuk menjadi dropshipper. Kuasai online marketing, bisa Instagram, Youtube, Telegram, atau WA marketing yang paling sederhana. Siapkan tim kalau memang sudah mulai berkembang dan omzet semakin naik dan luas. Ini era digital, era 4.0 kita wajib melek digital, belajar digital. Jika tidak mau akrab dengan dunia digital kita bakal tertinggal”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *