1 Juli 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Probolinggo, (25/10).

Acara dipimpin oleh Salma Nafi’ aturrofi’ah., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M, Ahmad Zaini, S.Ag. M.Pd., Vivid Sambas ST, MMT., Bagaskoro, S.Kom., MM., dan Anindito Wisnu Sampurno.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Membangun Citra Positif Dalam Berdigital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 476 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ahmad Zaini, S.Ag. M.Pd, Membangun karakter Islam bukanlah hal yang mudah, namun kita sudah memiliki modal yang besar. bagaimana kita sebagai generasi milenial mengaktualisasikannya didalam kehidupan sehari-hari serta berkomunikasi dalam dunia digital?

Ahmad Zaini menerangkan, “Untuk membangun karakter melalui pendidikan di dunia digital. Sebagai seorang kepala rumah tangga, orang tua, tentu memberi yang terbaik. Bukan hal yang mudah, kita dijadikan contoh dan teladan. Quu anfusakum wa ahlikum nar. Pondasi dasar dalam pendidikan anak adalah hindarkan dari dosa. Kalau ada konten berbau negatif, baik tentang agama, intoleransi, atau yang menjerumuskan kita pada keburukan, tentu yang menjadi penguat kita adalah; bagaimana cara memagari diri ini agar menjadi teladan bagi anak-anak. Mulai dari diri sendiri dan lingkaran terkecil keluarga kita. Komunikasi yang harus dibangun bagaimana? Filter konten, hindari yang negative. Ketika melihat postingan itu sudah dibajiri oleh like dan komen, langkah kita adalah stop commenting, dan start searching”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *