14 Juli 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kota Surabaya, (25/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Riska Regita, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Merry Fridha, Aristiana Rahayu, Ulil Albab, Pradipta Nugrahanto dan Anelies Praramadhani.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Membangun Citra Positif Dalam Berdigital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 604 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Anelies Praramadhani adalah Sebagai mahasiswa sekaligus generasi Z. Bagaimana cara dan langkah yang dapat diambil agar bisa menjadi sosok yang berkontribusi dengan acara acara besar seperti dan bermanfaat bagi sesama dengan cara yang tetap gaul dan sesuai generasi saat ini dan bagaimana cara buat membangun personal branding yang baik di media social?

Anelies Praramadhani menjelaskan, “Hal yang terpenting adalah kita harus tau tujuan kita dalam menggunakan sosial media. Jika kita sudah tau tujuan kita, buatlah konten yang menarik sesuai dengan passsion yang kita miliki. Konseplah konten kita dengan menarik dan tonjolkan ciri khas kita dengan cara-cara yang unik dan asyik. Jangan lupa berikan informasi yang jelas saat kita mengunggah sesuatu di sosial media”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *