Desember 3, 2023

Marketplus.co.id –  Sejak pelonggaran PSBB, terasa geliat ekonomi nasional yang berangsur pulih dan menuju ke arah positif. Dengan adanya tren staycation dekat rumah masyarakat, alasan berlibur di dalam kota pun menjadi salah satu faktor yang meningkatkan okupansi hotel-hotel di dalam negeri.

tiket.com mencatat penjualan tiket penerbangan yang meroket 3 kali lipat atau sebesar 240% dibandingkan Q2 2020. Kemudian, reservasi hotel pun meroket sebanding di angka 250% pada periode yang sama (Q3 2020). Pemulihan pariwisata bertumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan – hal tersebut terbukti dengan menurunnya tren refund dan reschedule.

Pada Q2 2020, tiket.com catat penurunan permintaan refund dan reschedule hingga 33% dibandingkan dengan Q1 2020. Sedangkan pada Q3 2020, permintaan refund dan reschedule yang tiket.com layani pun merosot 78% dibandingkan pada Q2 2020. Secara keseluruhan, pada Q3 2020, tiket.com telah menangani dan menyelesaikan 97% permintaan refund dan reschedule.

Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer, tiket.com antuasias menyambut Q4 hingga 2021, “Kami sangat optimis dalam menyambut kehadiran Q4 karena pemulihan
sektor industri pariwisata nasional tengah terjadi. tiket.com sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia siap untuk menjadi yang pertama mendukung penuh kebangkitan pariwisata Indonesia. Pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini. Dengan melonjaknya angka transaksi dan jumlah pengguna di aplikasi tiket.com, serta menurunnya angka refund dan reschedule, kami sangat siap melayani semua kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berpergian dan berlibur secara aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah”.

Sebagai salah satu pemangku kepentingan di industri pariwisata, tiket.com berkomitmen untuk bahu membahu memulihkan semua sektor industri pariwisata melalui serangkaian program dan inisiatif cerdas guna mendorong angka transaksi sembari terus menghimbau agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan secara bijak dan tepat.

Upaya tiket.com selama Q3 dalam mendorong pemulihan industri pariwisata domestik

Sejak Q3 2020, tiket.com gencar menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta cek status Covid-19 di destinasi wisata. tiket.com juga menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah (LDR) untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat agar menjelajahi destinasi pariwisata lokal. Selain kampanye promosi nasional, aplikasi dan situs pun semakin dilengkapi dengan ragam fitur yang relevan dengan situasi saat ini:

  • tiket CLEAN sebagai fitur com bagi Sobat Tiket sebagai panduan dalam memilih partner berlabel tiket CLEAN untuk hotel, jasa sewaan mobil, atau produk pariwisata lainnya, karena telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan.
  • tiket Flexi dalam aplikasi com bagi Sobat Tiket yang hendak merencanakan liburan lebih awal, sehingga tiket.com memberikan kebebasan menentukan tanggal nginep kapan saja hingga tahun 2021.
  • tiket Elite Rewards pun dihadirkan kembali dengan sebuah program loyalitas bagi Sobat Tiket sebagai wujud apresiasi yang berbentuk lebih dari sekedar poin (Tix Poins). Perluasan manfaat Tix Poins pun mencakup diskon transaksi berikut, diskon fasilitas, layanan tambahan (add-ons) gratis, jalur layanan pelanggan khusus, serta jajaran keuntungan lainnya.
  • tiket Free Insurance sebagai asuransi perjalanan (travel insurance) gratis dari com untuk proteksi jiwa, biaya pengobatan akibat kecelakaan, serta kompensasi bila terjadi pembatalan perjalanan.

Fokus utama tiket.com pada Q4 2020 hingga 2021

Pada Q4 2020, tiket.com mendorong promosi destinasi domestik dalam rangka pemulihan industri pariwisata Indonesia serta menggerakkan roda perekonomian nasional. Salah satu bentuk upaya adalah dengan kampanye Senyum Indonesia yang menjadi pengingat masyarakat bahwa perjalanan yang dilakukan bersama tiket.com dapat meringankan beban para pekerja wisata yang terpuruk sepanjang tahun 2020.

Lalu, tiket.com terus mengedukasi dan menghimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak fisik selama dalam perjalanan. tiket.com pun mengajak masyarakat untuk merencanakan liburan dengan matang agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati.

Kemudian, tiket.com sambut liburan panjang akhir tahun dengan jajaran promo spektakuler untuk pembelian tiket pesawat, kereta api, reservasi hotel, serta destinasi aktivitas wahana lokal.

“Kami siap untuk akselerasi dan antisipasi lonjakan permesanan tiket, akomodasi, serta aktivitas To Do, karena dari sisi tiket.com, tidak ada pengurangan kapasitas, baik karyawan, sistem, development, dan sebagainya. Kami terus mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam bahu membahu memulihkan industri pariwisata lokal, sekaligus terus mengingatkan masyarakat untuk tetap tekun dan taat dalam menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik demi kebaikan bersama. Mau kemana? Semua ada di tiketnya,” tutup Gaery.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *