11 Desember 2024

Marketplus.idRiyanto Cheung, yang akrab disapa Ko Ayunk atau Koko BIOAQUA, bukanlah nama asing di dunia industri kosmetika Indonesia.

Sebagai Founder BIOAQUA, Ko Ayunk telah sukses merintis bisnis skincare dan kosmetik yang kini menjadi salah satu lifestyle beauty brand lokal yang dikenal oleh banyak orang.

BIOAQUA sebagai lifestyle beauty brand lokal Indonesia dengan fokus pada skincare, personal care, dan decorative make up, menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang semakin meningkatkan kesadaran mereka terhadap perawatan diri.

Keterlibatan aktif Ko Ayunk bersama Lina Martiningsih atau akrab dipanggil Ci Lina (Istri Ko Ayunk) sebagai seorang content creator di platform media sosial seperti Instagram (@riyantocheung) dan TikTok (@kokocicibioaqua) semakin menunjukkan dan konsistensi beliau dalam mempererat hubungan antara BIOAQUA dan pelanggan setianya.

Pertumbuhan pesat industri kosmetika Indonesia menjadi cermin kesuksesan perusahaan-perusahaan seperti BIOAQUA.

Mengutip data dari Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia),  menunjukkan bahwa industri ini mencapai pertumbuhan sebesar 21,9 persen dari tahun 2022 hingga pertengahan 2023, dengan jumlah perusahaan yang mencapai 1.010.

Segmen pasar terbesar dikuasai oleh perawatan diri dengan volume pasar mencapai USD3,18 miliar di tahun 2022, diikuti oleh skincare sebesar USD2,05 miliar, kosmetik sebesar USD1,61 miliar, dan wewangian sebesar USD39 juta.

Pencapaian ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan perawatan diri dan kecantikan semakin meningkat. BIOAQUA, dengan kebijakannya menjadi lifestyle local brand untuk skincare, personal care, dan decorative make up yang terbaik dan terjangkau, memanfaatkan momentum ini untuk terus berkembang dan memberikan solusi perawatan kulit yang efektif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Perjalanan Sukses Riyanto Cheung Membangun Bisnis Skincare

Perjalanan sukses Ko Ayunk sebagai CEO & Founder BIOAQUA tidak terjadi begitu saja. Sebelum menjadi pemimpin sukses di industri kosmetika, beliau menjalani pekerjaan sebagai kuli panggul, pramuwisma atau pelayan toko selama 12 tahun dari tahun 2000 sampai 2012 di toko grosiran kosmetik.

Setelah itu, beliau memutuskan untuk resign di awal tahun 2012 kemudian menjadi sales freelance selama 6 bulan. Selama periode tersebut, Ko Ayunk terus belajar untuk merintis bisnis kosmetiknya. Lalu dalam perjalanan nya, beliau menjual rumahnya untuk membeli sebuah toko kosmetik yang menjadi awal bisnis nya sampai dengan sekarang.

Kemudian, di tahun 2015 beliau sudah mulai membangun bisnis brand skincare nya. Untuk ekspansi bisnis perusahaan, beliau memutuskan untuk bekerja sama dengan partner. Hingga lahirlah BIOAQUA di tahun 2020 sebagai bisnis skincare yang sukses hingga saat ini.

Perjalanan BIOAQUA tidak terlepas dari tantangan, terutama saat pandemi COVID-19 melanda di tahun 2020. Sebagai langkah adaptasi, perusahaan mengimpor masker medis untuk menjaga perputaran bisnis. Strategi ini disertai dengan maklon pabrik di dalam negeri dan akuisisi pabrik di luar negeri, sehingga BIOAQUA dapat beroperasi lebih efektif dan efisien.

Setelah satu tahun mengakuisisi pabrik di luar negeri, di bulan September tahun 2021 sampai pada tahun 2023 BIOAQUA berhasil mengembangkan bisnis nya. Hal tersebut terlihat dari produk-produk skincare yang diluncurkan juga tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dengan e-commerce.

Prinsip Kerja Dari Sosok Riyanto Cheung

Prinsip kerja Ko Ayunk adalah kejujuran, kerja keras, dukungan keluarga, dan doa. Beliau memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyamannya demi mencapai impian besar. “Bagi saya, kegagalan bukanlah akhir perjalanan, tetapi justru merupakan bantuan untuk melompat menuju kesuksesan. Prinsip utama yang selalu saya pegang sampai dengan saat ini adalah jujur, kerja keras, peduli dengan keluarga, dan yang paling utama adalah berdoa”, terang Ko Ayunk.

Dengan perjalanan yang luar biasa ini, Riyanto Cheung (Ko Ayunk) telah membuktikan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan keberanian untuk menghadapi tantangan, seseorang dapat meraih kesuksesan di dunia bisnis skincare dan kosmetik. BIOAQUA, sebagai bukti nyata dari perjuangan Ko Ayunk, terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif pada industri kosmetika Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *