Mei 19, 2024

Marketplus.idPT Hotel Sahid Jaya International, Tbk (SHID), melakukan cooling down sebagai langkah untuk meredakan pergerakan saham SHID yang tidak biasa (unusual market activity) yang telah terjadi pada perdagangan sejak bulan September 2023 hingga 11 Januari 2024, yang berakibat perdagangan saham Perseroan di-suspend.

Hal itu disampaikan Direksi PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, Hengky Roy, S.E, usai memberi keterangan dalam Public Expose Insidental, Rabu (17/01/2024) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Terkait hal tersebut, Perseroan menjelaskan kejadian Unusual Market Activity (UMA) bahwa telah terjadi kenaikan harga saham SHID secara signifikan pada perdagangan sejak tanggal 3-11 Januari 2024 secara berturut-turut, dimana Perseroan beserta jajaran Direksi serta Dewan Komisaris tidak mengetahui serta tidak menerima informasi terkait kondisi perdagangan saham yang mengalami kenaikan berturut-turut selama sepekan hingga menyebabkan Suspend.

Sementara itu, Peraturan Bursa tentang presentase auto rejection yang berlaku per 04 September sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) nomor Kep-00055/BEI/03-2023 perihal Peraturan Nomor II-A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas.

Dalam hal ini, Bursa melakukan pemantauan atas informasi setiap efek yang berkaitan dengan pergerakan harga dan volume yang fluktuatif, frekuensi, order/pesanan, transaksi, pola transaksi, informasi penyelesaian transaksi, dan informasi penting lainnya yang relevan.

Volatilitas Saham SHID

Pada tanggal 21 September 2023, issue volatilitas sudah dipertanyakan pihak Bursa, dimana terjadi penurunan harga saham sebesar -34,71% dari Rp. 3.400 menjadi Rp. 2.220 dengan peningkatan aktivitas sebanyak 399.225 saham dengan frekuensi 256 kali. Lalu penurunan harga saham terus terjadi sampai tanggal 03 Januari 2024.

Hingga tanggal 08 Januari 2024 volume perdagangan melonjak sebanyak 2.341.400 saham dan mengangkat harga ke Rp.1.225 atau naik 25% dari harga sebelumnya Rp.980. Unusual Market Activity (UMA) terus terjadi sampai perdagangan tanggal 11 Januari 2024 berturut-turut menyentuh ARA (Auto Reject Atas) dan tanggal 12 Januari 2024, perdagangan saham Perseroan di-suspend.

Update Kinerja Perseroan Tahun 2023

Tak hanya untuk menyampaikan perkembangan perdagangan saham, Public Expose Insidental ini juga merupakan salah satu langkah Perseroan untuk menyampaikan update kinerja tahun 2023 serta strategi Perseroan di tahun 2024.

Dengan melakukan pengoptimalan marketing strategy yang dilakukan oleh Perseroan, sehingga per Laporan Keuangan Periode September 2023 PT Hotel Sahid Jaya International Tbk. (SHID) dapat mencapai kondisi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Perseroan mencatatkan kenaikan 59,35% dari revenue per September 2022 sebesar Rp 53,558 juta, menjadi Rp 85,348 juta per September 2023.

“Usaha pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 sejak tahun 2021 lalu nyatanya memberikan dampak positif pada perkembangan semua bisnis terutama pada sektor industri pariwisata serta industri perhotelan, dimana sebelumnya menjadi salah satu yang terkena dampak besar akibat pandemi Covid-19,” ungkap Hengky Roy, S.E.

Business Activities 2023

Dalam upaya meningkatkan bisnis, Perseroan juga mencatatkan sejumlah peningkatan dalam bisnis. Diantaranya peningkatan Occupancy Rates Sahid Hotel dimana terdapat penambahan inventory kamar operasional serta melakukan renovasi minor untuk memberikan pengalaman baru bagi para tamu hotel, meningkatkan order book dengan klien-klien B2B agar dapat menjangkau lebih banyak tamu yang akan menginap, dan menambah platform distribusi penjualan online seiring dengan digitalisasi dari sisi bisnis di Indonesia saat ini.

Selain itu, Perseroan juga mencatatkan peningkatan C&C dan MICE dimana Perseroan melakukan renovasi ballroom dan meeting rooms untuk memberikan pelayanan yang lebih nyaman, peningkatan inquiry weddings dengan memanfaatkan ballroom serta fasilitasnya yang sudah diperbaharui dan peningkatan utilisasi ruang seluruh convention facilities.

Di sisi lain, Perseroan juga melakukan peningkatan Seluruh Outlet F&B dengan menyediakan restoran dengan berbagai konsep untuk memenuhi kebutuhan bagi para tamu diantaranya Golden Dragon: Halal Chinese Cuisine, Bengawan Solo: Authentic Indonesian Food serta Solo Brasseries & Lounge.

Tak ketinggalan, Perseroan juga membuat Loyalty Program Sahid Hotel & Resort dimana Perseroan melakukan pengaktifan Sahid Connection sebagai bagian dari Loyalty Program untuk domestic membership semua unit Sahid Hotels & Resorts, memberikan benefit discount room serta FnB yang sudah terdaftar sebagai member.

Untuk memudahkan tamu, Perseroan juga membuat In Room Dining Application dimana dengan mengakses gsjeatery.com para pengunjung dapat melakukan pemesanan melalui scan QR yang tesedia. QR Code yang tersedia akan berbeda pada setiap room-nya, serta mudah dalam penggunaanya.

Selama 2023, Perseroan juga melakukan makeover Pool & Garden yakni dengan melakukan makeover pada fasilitas pool sehingga dapat memberikan pengalaman baru yang lebih menyenangkan dalam menikmati fasilitas hotel dan seluruh taman hotel dilakukan makeover konsep dengan memberikan sentuhan berbeda.

Di penghujung 2023, Perseroan juga menggelar event Starry Night New Year Concert with KLA PROJECT yang merupakan event penutup akhir tahun 2023 dimana Hotel Grand Sahid Jaya mengundang KLA PROJECT dan menggelar Gala dinner dengan artis KLA PROJECT, Komedian Arie Kriting serta Home Band & DJ.

Business Plan 2024

Pada 2024 ini, Perseroan akan melakukan sejumlah renovasi diantaranya renovasi Ballroom Candi Singosari, melakukan minor renovasi seperti repaint, clean up & maintenance ME installation, carpet replacement.

Lalu Perseroan juga akan melakukan Painting Building (Wing Side & Front Side), yakni dengan melakukan repainting bangunan Hotel Grand Sahid Jaya tampak depan dan juga tampak samping agar memberikan kesan bangunan lebih menarik.

Perseroan juga akan melakukan Renovasi Meeting Room Puri Putri & Puri Agung dengan melakukan perbaikan ceiling & lamp pada meeting room Puri Putri & Puri Agung untuk memberikan suasana yang lebih nyaman bagi para tamu yang menggunakan.

Dalam bagian akhir paparan Public Expose Insidental 2024, Hengky Roy, S.E juga menyampaikan bahwa dari sisi F&B, Perseroan akan melakukan penambahan revenue F&B outlets dan MOD yakni dengan penambahan beberapa fasilitas baru seperti vertikal hidroponik garden yang bisa menjadi wadah kids activities, rencana opening Fitness Center sebagai fasilitas baru yang belum pernah dimiliki hotel dan Fitness and Pool membership yang rencananya akan mulai dibuka untuk umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *