17 September 2024

Marketplus.co.id – UMKM menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional. Dari 64 juta lebih UMKM yang ada di Indonesia, sekitar 50 persen UMKM didirikan dan dijalankan oleh perempuan.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) memaparkan data bahwa dari sekitar 64 juta jumlah UMKM, sekitar 50 persen harus tutup sementara akibat dampak negatif perekonomian karena pandemi Covid-19.

Salah satu cara bagi UMKM untuk dapat bertahan di masa pandemi ini adalah dengan mengadopsi digitalisasi. Namun, menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), tingkat keberhasilan UMKM untuk mengoptimalkan digitalisasi hanya sebesar 5 persen.

Faktor kegagalannya beragam, mulai dari minimnya pemahaman terkait teknologi maupun kurangnya akses untuk merambah pasar digital. Oleh karena itu, diperlukan gotong royong bersama baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk mendukung gerakan digitalisasi bagi para pelaku UMKM.

Wujud Nyata Dukungan Avrist Assurance untuk UMKM

Menyadari akan pentingnya dukungan bagi UMKM Indonesia agar dapat sesegera mungkin mengadopsi dan memanfaatkan digitalisasi, PT Avrist Assurance  kembali berinisiatif menjalankan sebuah program pengembangan UMKM khusus bagi perempuan, yaitu Avrist Warrior Women.

Hadir dengan konsep digital, Avrist Warrior Women 2020 dikemas dalam program seri webinar yang mengedepankan tema bahasan besar yaitu Digitalisasi UMKM Indonesia. Program ini akan diselenggarakan sebanyak tiga kali, yaitu pada tanggal 26 November, 1 Desember, dan 4 Desember 2020.

Avrist Warrior Women merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi perempuan Indonesia melalui pengembangan UMKM. Di tahun 2019, program ini telah berhasil memberikan pembinaan dan modal usaha kepada 20 perempuan penyandang disabilitas dan yatim piatu.

Ernest Febrianto, Head of Corporate Marketing Communications, PT Avrist Assurance, menjelaskan “Tahun ini, Avrist Warrior Women masih terus berfokus pada upaya untuk mengakselerasi kesejahteraan UMKM. Namun kali ini, kami perkaya dengan materi pembelajaran mengenai digitalisasi bisnis. Karena kami meyakini digitalisasi merupakan langkah krusial yang harus segera dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan dan bersaing di masa pandemi seperti saat ini”.

Ernest menambahkan, “Hal ini sejalan dengan langkah yang dilakukan oleh Avrist Assurance dalam mengakselerasi digitalisasi pada beberapa pelayanan berasuransi kami, seperti penyediaan produk asuransi digital Avrist Simple Start dan ke depannya, pengembangan aplikasi online untuk agen pemasaran kami”.

Peserta webinar akan dibekali pengetahuan mengenai produk asuransi kesehatan digital dari Avrist Assurance yaitu Avrist Simple Start – produk yang sangat cocok bagi para pelaku UMKM karena jajaran benefit yang memberikan perlindungan komprehensif dengan biaya premi terjangkau, mulai dari rawat inap hingga rawat jalan, serta pelayanan 100% yang berbasis online.

Avrist Assurance bermitra dengan Google dan Gojek karena duo tech company ini sudah memiliki kredibilitas yang tinggi dalam bidang tekonologi, sehingga diharapkan materi yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM.

“Kami menyadari bahwa kepercayaan yang telah diberikan oleh nasabah sangat berarti bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Untuk itu, Avrist Assurance menunjukkan bentuk kepedulian kepada masyarakat melalui ragam inisiatif sosial, salah satunya adalah Avrist Warrior Women. Seri webinar Avrist Warrior Woman dibuka untuk publik dengan mendaftarkan diri melalui tautan registrasi bit.ly/aww-webinar. Kami mengajak seluruh penggiat UMKM agar mengikuti webinar ini untuk belajar kiat cerdas go digital! – sehingga UMKM Indonesia dapat kembali pulih dan mampu bersaing secara global”, tutup Ernest.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *