Marketplus.co.id – Saat menyambangi Lombok, NTB, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyempatkan diri untuk menyambangi Desa Sukarara, Lombok Tengah.

Dalam kunjungan kerja ke NTB ini, Sandi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta berperan dalam mengembangkan pariwisata daerah, termasuk dalam memperkenalkan kerajinan tenun.

“Tadi yang kita lihat desa tenun, songket ini menampilkan produk-produk terbaik tidak hanya dari tenunnya tapi juga dari kuliner dan bisa buka lapangan kerja yang cukup besar dan kita akan bantu dari akses pemasaran dan juga dari akses permodalannya yang fasilitasi melalui perbankan, non perbankan, baik bantuan pemerintah baik daerah maupun pusat,” ujar Sandi di Desa Sukarara, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (16/1/2021).

Pada kesempatan yang sama, Sandi juga menampung aspirasi dari para penggiat pariwisata dan pengrajin tenun. Selain permodalan dan pemasaran, hal yang menjadi hambatan adalah bagaimana meningkatkan sumber daya manusia. Untuk itu, menurut Sandiaga Uno Kemenparekraf akan melibatkan desainer berkelas internasional.

“Produk-produk yang sudah memiliki kualitas internasional ini dari segi desain ditingkatkan dan dari segi stabilitas di pasar perlu pendekatan kekinian dan dari situ saya menjalin kerjasama beberapa sama teman-teman luar negeri untuk menarik destinasi NTB khususnya Lombok Desa Sukarara. Kita bulatkan program sinerginya yang melibatkan yaitu produk lokal yang dikurasi dengan baik oleh nasional yang melibatkan desainer internasional berarti peningkatan dari kualitas,” jelasnya.