Marketplus.id – Berbicara tentang tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, memang sudah ada perbaikan mendekati angka 80%, namun hal ini belum diimbangi dengan literasi keuangan atau melek keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 38% dari total penduduk lebih dari 270 juta jiwa atau baru 102,6 juta. Hal tersebut menyebabkan kontribusi terhadap perekonomian masih belum optimal.
Menurut Aidil Akbar Madjid, Perencana Keuangan Senior, literasi keuangan di masyarakat Indonesia secara keseluruhan masih harus terus ditingkatkan.
“Masyarakat Indonesia membutuhkan literasi keuangan agar mereka bisa merencanakan keuangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan. Untuk itu, masyarakat perlu terus diberikan pengetahuan yang mencukupi mengenai berbagai hal yang terkait dengan masalah keuangan, termasuk pengenalan mengenai lembaga jasa keuangan, apa saja produk dan jasa keuangan, fitur-fitur yang melekat pada produk dan jasa keuangan, manfaat dan risiko dari produk dan jasa keuangan,” kata Aidil Akbar dalam acara webinar ‘Ngopi Bareng Bang Amar’ yang diselenggarakan oleh Tunaiku-Amar Bank (20/3).
PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”) mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan misi Amar Bank yang menargetkan membawa senyum kepada 200 juta wajah Indonesia pada 2025.
Untuk terus meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, Amar Bank berkomitmen menjalankan berbagai kegiatan literasi keuangan bagi masyarakat. Salah satu inisiatif edukasi tersebut di antaranya melalui program bertajuk “Ngopi Bareng Bang Amar”.
Program edukasi yang juga bagian dari Tanggung Jawab Sosial atau CSR perusahaan ini merupakan forum untuk berbagi pengetahuan dan wawasan tentang berbagai topik yang relevan dengan literasi keuangan kepada komunitas ataupun para pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kali ini, Amar Bank hadir menggandeng tiga komunitas sekaligus untuk mengedukasi lebih dari 200 orang yang tergabung dalam PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, Ikatan Kartini Profesional Indonesia (IKAPRI) dan Indonesian Social Blogpreneur (ISB), tentang bagaimana bijak merencanakan keuangan, baik itu untuk keuangan keluarga maupun untuk menjalankan usaha.
Coordinator Referral Program Tunaiku – Amar Bank, Ghaida Nuris Tsara mengatakan, “Amar Bank hadir untuk memberikan berbagai solusi layanan keuangan yang dibutuhkan masyarakat dalam mengatasi permasalahan keuangan. Untuk itu, selain terus berinovasi dalam meningkatkan layanan perbankan digital yang cerdas (intelligent) serta memperkenalkan produk dan layanan baru yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia sehingga dapat membantu mengubah hidup mereka menjadi lebih baik, Amar Bank juga terus mendorong agar masyarakat agar melek keuangan melalui berbagai kegiatan edukatif tentang literasi keuangan sehingga komitmen kami tersebut dapat terwujud.”
Sejauh ini, layanan keuangan digital Tunaiku telah diunduh oleh hampir 5 juta pengguna sejak pertama kali diluncurkan tahun 2014 dan telah memberikan manfaat kepada lebih dari 400 ribu masyarakat di Indonesia, dengan total pembiayaan yang telah tersalurkan mencapai Rp 5.2 triliun untuk membantu kebutuhan produktif masyarakat Indonesia. Masyarakat bisa langsung mengunjungi website tunaiku.com untuk mengetahui lebih lengkap mengenai layanan Tunaiku atau juga bisa langsung mengunduh aplikasi Tunaiku yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Selain itu, bagi yang ingin mendapatkan peluang pemasukan tambahan, bisa juga bergabung dalam Program Referral Tunaiku Amar Bank sebagai agen literasi keuangan, yang informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di website partner.tunaiku.com.
“Kedepannya, Amar Bank akan terus memanfaatkan produk inovasi perbankan berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih optimal bagi masyarakat. Dengan teknologi cerdas yang dihadirkan oleh Tunaiku (platform pinjaman digital) dan Senyumku (mobile-only digital bank), kami harapkan dapat melayani lebih banyak lagi masyarakat dan memajukan hidup mereka untuk menjadi lebih baik,” tutup, Corporate Communications Amar Bank, Maria Firani Rosari.