Marketplus.id – Sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia awal kuartal 2020 kemarin, perekonomian nasional turut terkena dampak negatif yang menurunkan performa berbagai sektor, termasuk properti.

Dampak terbesarnya dapat terlihat dari daya beli dan minat masyarakat terhadap produk properti yang sempat mengalami penurunan pada awal pandemi. Terbukti dari Survei Harga Properti Bank Indonesia di Triwulan IV 2020, penjualan rumah masih mengalami kontraksi 20,59% (year-on-year/YoY), walaupun sudah membaik dari -30,93 persen (YoY) di kuartal sebelumnya.

99 Group yang menaungi 99.co dan Rumah123.com, terus bersinergi mendukung pemerintah dalam pemulihan sektor properti di Indonesia dengan meluncurkan produk aset properti bank.

Untuk pemasaran produk properti ini, 99 Group telah menjalin kerja sama eksklusif dengan Bank Danamon dan OCBC NISP. Selain dua bank tersebut, BNI juga turut bergabung sebagai penyalur aset properti bank 99 Group.

Menurut Chong Ming Hwee, CEO 99 Group Indonesia, sebagai upaya untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional, 99 Group turut memberikan kontribusi dengan membantu menyalurkan aset properti bank di portal  99.co dan Rumah123.com.

“Produk aset properti bank yang kami pasarkan tidak hanya berasal dari kota-kota besar saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Medan, Samarinda, hingga Gorontalo,” kata Chong Ming Hwee.

Peningkatan jumlah aset properti bank nyatanya tidak selalu menjadi kabar buruk untuk sektor properti. Masyarakat yang ingin memiliki hunian dengan harga terjangkau dapat terbantu dengan adanya produk aset properti bank. Properti jenis ini biasanya dipasarkan dengan kisaran harga yang lebih murah dibanding standar pasar pada umumnya. Hal ini dilakukan guna mempercepat proses penyelesaian kredit agunan dengan pihak perbankan untuk mengurangi aset properti bank.

SME – Segments, Products & Alliances Head Bank Danamon, Ruddy Martono menjelaskan, “PT Bank Danamon Indonesia Tbk bangga dapat bekerja sama dengan salah satu portal properti terkemuka di Indonesia, 99 Group, yang dapat memberikan informasi tepat mengenai properti yang diperjualbelikan. Pemasaran aset properti bank secara digital ini dapat menjangkau masyarakat luas. Respons sangat baik datang dari nasabah kami, terbukti dengan meningkatnya calon pembeli potensial dan harapan untuk mendorong penjualan.”

99 Group menjamin keaslian dokumen kepemilikan yang aman dan sudah diverifikasi untuk setiap properti yang dipasarkan di portal 99.co dan Rumah123.com. Pasalnya, aset properti bank telah diverifikasi keasliannya oleh bank penyalur. Artinya, hunian yang dipasarkan dapat langsung dibeli oleh pencari properti tanpa perlu khawatir akan muncul masalah di kemudian hari. Dengan lebih dari 28 juta traffic website bulanan, pemasaran aset properti bank lewat portal milik 99 Group dapat membantu menjangkau lebih banyak konsumen.

Emerging Business Head Bank OCBC NISP, Iwan Juliawan juga memaparkan, “Walaupun terjadi penurunan di awal 2020, penyaluran KPR mulai meningkat pada kuartal II 2020 dan Bank OCBC NISP memperkirakan peningkatan permintaan tersebut akan berlanjut sepanjang 2021 seiring penurunan suku bunga KPR yang dilakukan bank. Bank OCBC NISP bekerja sama dengan 99 Group Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin aktif mencari informasi properti lewat media digital. Melalui kerja sama dengan 99 Group, kami berharap bisa membantu masyarakat Indonesia mewujudkan impian memiliki rumah.”

Iwan juga menambahkan, “Selain pilihan properti dengan harga terjangkau, Bank OCBC NISP juga menyediakan fasilitas KPR yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Nasabah dapat mengajukan KPR dengan mudah melalui ONe Mobile, aplikasi mobile banking dari Bank OCBC NISP”. Masyarakat yang tertarik untuk membeli properti aset bank dapat menemukan berbagai pilihan hunian idaman dengan harga terbaik di laman 99.co/id/aset-bank dan rumah123.com/aset-bank.