
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Pasuruan, (25/6).
Acara dipimpin oleh Moderator, Safira Dwi Siwi, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Nur Aini Rakhmawati, Yordan Gunawan, M.alvin Nur Choiruni, Denden Sofiudin dan Dwiana Dika(KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 315 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Nur Aini adalah bagaimana keamanan pembelian saat ini di Indonesia (bukan melalui online marketing), misal lewat instagram atau suatu website karena tidak semua penjual jualan lewat online marketplace?
Menurut Nur Aini, sebaiknya lebih berhati hati saat bertransaksi online, jika tidak ditemukannya rekening bersama.
“Jika tidak ada rek Bersama akan terjadi kendala jika ada kesalahan pada barang yang dipesan. Jadi lebih baik lansung melalui di website resmi. Namun juga tidak ada maslaahnya tetap berjualan atau beli di media sosial namun harus memastikan jika media sosial tersebut official atu resmi,” ujarnya
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.