27 Maret 2025
Screen Shot 2021-06-30 at 17.39.04

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Banyuwangi, (30/7).

Acara dipimpin oleh Moderator, Mega Putri Maharani, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ns. Tunggul Harwanto, S.Kep, M.Kes, Ira Rachmawati, Khelmy K. Pribadi, M. Si, Romzi Ahmad  dan A. Ridha Ardhillah, SH. (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Literasi Digital Bagi Masa Depan Indonesia” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 323 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Khelmy K. Pribadi, M. Si. adalah Ijin bertanya pak, bagaimana tolak ukur kita dalam kredibilitas sebuah website ketika kita ingin share sebuah berita yg sifatnya sebuah pengumuman, seperti informasi lowongan pekerjaan?

Menurut Khelmy K. Pribadi, saat ini banyak sekali hoax yang tersebar apalagi tentang lowongan perkerjaan kemudian yang pertama yang perlu di sampaikan yaitu cek website yang resmi apakah terdapat informasi resmi yang beredar.

“Jika ingin lebih detail bisa cek atau perusahaan yang bonafit memiliki identitas yang jelas,” ujar Khelmy.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *