16 Juli 2025
Screen Shot 2021-08-05 at 15.52.29

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Pacitan, (5/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Nafi’ aturrofi’ah, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Wira Swastika, M.M., Moch. Sajoang, M. Alvin Nur, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom. dan Rizky Ardi Nugroho (KOL).

Dengan jumlah 588 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber untuk Wira Swastika, M.M. adalah bagaimana cara menanggulangi sepinya pariwisata di kala pandemi seperti ini sedangkan wisata di tutup apakah harus di buat wisata digital?

Wira Swastika menuturkan, “Kalau di Pacitan, kami bekerjasama dengan kadin pariwisata, kerjasama dengan wisatakemari.com, kota wisata sepi di masa pandemi, semua sector yang berkaitan dengan wisata juga mengalami kesulitan. Bagaimana agar tidak berlarut-larut? Kami menggandeng BI untuk melakukan promosi wisata melalui online, ada teknologi tur wisata dengan kamera 360. Target pasar bisa melihat tempat wisata kami dari rumah, kami berusaha menimbulkan rasa ketertarikan mereka, kami kumpulkan orang-orang yang berminat mengunjungi, dan saat PPKM berakhir, harapannya orang-orang yang sudah kena exposure dan interested tadi akan berkunjung”.

Ia juga menambahkan, jadi kita tidak mengubah business model, tapi mengubah delivery dan product offeringnya, karena pada dasarnya untuk wisata memang harus dating. Kita juga bekerjasama dengan influencer, ada explore pacitan, discover pacitan, efeknya kuat banget.

“Untuk ke depannya kita jangan kalah dengan robot dan teknologi. Teknologi memang memiliki kemampuan hitung yang amazing, tapi yang tidak mereka punyai adalah visi dan inovasi, perbanyaklah inovasi dan komunikasi karna teknologi hanya tools. Kitalah yang menggerakkannya,” ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *