1 Juli 2025
Screen Shot 2021-08-05 at 16.54.21

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Lamongan, (5/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Nabil Arijala Survito A, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Mohammad Fikrie Aldjoeffry, Firdaus Rahman, A.Md.A, Steve Pattinama, Bagaskoro, S.Kom., MM dan key opinion leader (KOL) Rayi Putra (RAN).

Dengan jumlah 1.640 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Mohammad Fikrie Aldjoeffry adalah “Selain mengetahui sumber daya apa saja yang dapat diekspor dari situs Export Potential Map, apakah tersedia sebuah forum untuk berinteraksi dengan para importir secara langsung untuk memenuhi permintaan yang kebetulan dapat diekspor dari Indonesia?”

Mohammad Fikrie Aldjoeffry menjelaskan, “Banyak sekali sekarang cara kita agar dapat berinteraksi dengan para importir, salah satunya yang disediakan oleh pemerintah yang disebut misi dagang. Lalu pemerintah juga menyediakan pameran untuk wadah exportir dan importir melakukan komunikasi.”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *