Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Kediri, (10/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Lilies Rolina S.sos,MM, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Nisfu Asrul Sani, Asmara R Hadi S.E, Vivid Sambas ST, MMT., Tio Utomo dan Benny Kadarhariarto.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Yuk Kelola Jejak Digital yang Baik” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 651 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Vivid Sambas ST, MMT. adalah Revolusi Industri 4.0 mendorong disrupsi teknologi digital berlangsung dengan sangat pesat hingga mempengaruhi tatanan perilaku masyakat. Keteraturan yang umumnya muncul dalam pola interaksi sosial, kini turut terdisrupsi, mengaburkan beragam batasan dan norma-norma sosial. Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang digital yang tidak menyenangkan karena terdapat banyak konten negative untuk itu pentingnya beretika dalam menggunakan internet. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan internet secara bijak dan membuat penggunaan internet berdampak positif bagi kita dan orang lain ?

Vivid Sambas ST mengatakan, “Yuk Bersama-sama kita mencapai literasi digita yang baik dengan bijak menggunakan sosmed. Hal ini berkaitan dengan hal-hal di luar kendali dan di dalam kendali kita. Lingkaran kendali : Sikap kita, perilaku kita, apa yang kita beli, dll. Lingkaran diluar kendali : sossen feed, kondisi ekonomi, virus korona, itu politik,berita,dll. Kita bisa Memperbesar lingkaran pengaruh : siskamling digital, periksa fakta , kampande, advokasi, edukasi. Fase bertumbuh mulai produksi dengan konten-konten positif dan tentu berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menangkal hal buruk..

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.