Marketplus.id – Semua orang memiliki personal branding, entah kamu sengaja membangunnya atau tidak, karena ada saatnya orang-orang akan membicarakan kamu.

“Karena personal branding itu pencitraan melalui tingkah laku, keunikan, keidentikkan dari diri kalian masing-masing yang dilemparkan kepada publik. Sehingga, publik dapat menilai kalian secara cepat tanpa perlu berkenalan atau berteman dengan kalian. Secara garis besar artinya adalah pencitraan,” ujar Mohammad Arie Iswadi, Public Relation @Bondowoso Information Tehnology, saat menjadi pembicara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

Ia menerangkan, personal branding sangat dibutuhkan setiap manusia. Sebab, biar bagaimanapun mayoritas orang menilai orang lain saat kesan pertama (first impression) bertemu.

“Apabila kalian tidak memahami personal branding, bisa jadi kalian akan kesulitan saat hidup bersosial seperti mencari pekerjaan, mencari relasi, mencari rekan bisnis, dan sebagainya,” paparnya.

Menurutnya, banyak orang di luar sana selalu menganggap negatif perilaku pencitraan. Padahal tidak semua pencitraan hanya bualan.

“Pencitraan bisa kita gunakan untuk hal-hal lebih positif bagi kalian yang ingin menjadi sosok yang pantas, berintegritas, berdedikasi, dan profesional di bidang yang sedang kalian geluti,” katanya.

Untuk itu beberapa alasan pentingnya personal branding, seperti:

  • Meningkatkan kepercayaan orang lain pada Anda

Personal branding membuat orang lain lebih mengenal Anda. Walaupun mereka belum pernah bertemu dengan Anda secara langsung. Hasilnya, kepercayaan orang lain pada akan meningkat karena Anda bukanlah orang asing lagi.

  • Memperkuat kredibilitas Anda

Seperti yang sudah disebutkan di atas, personal branding membuat orang lain bisa dengan mudah melihat berbagai pencapaian Anda. Sehingga kredibilitas Anda akan menguat karena memang sudah ada buktinya.

  • Membangun rasa percaya diri

Jika bisa memaksimalkan personal branding, Anda bisa lebih semangat dan maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Sebab, Anda merasa percaya diri dengan keahlian yang dimiliki.

  • Memperluas koneksi Anda

Di era digital ini, personal branding bisa dengan mudah meningkatkan eksposur Anda, lho. Apalagi jika Anda aktif melakukan networking. Hasilnya, koneksi Anda akan sangat luas. Bahkan, hingga ke luar bidang yang Anda geluti sekalipun.

  • Menunjukkan diri Anda dengan apa adanya

Hampir tidak mungkin memalsukan personal branding. Kenapa? Sebab, personal branding lahir dari passion dan nilai-nilai kehidupan yang Anda pegang. Hasilnya, orang-orang akan percaya bahwa Anda memang apa adanya dan tak dibuat-buat.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021) juga menghadirkan pembicara, Agung Gita Subakti (Lecturer Specialist S2 Business Hotel Management Universitas BINUS), Ahmadi Adianto (Guru ASN SMKN 1 Tapen), Nurchairiyah Harahap (Account Manager at Fuselab Integrared Creative Partner), dan Adinda Adia Putri (Medical Doctor) sebagai Key Opinion Leader.