Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (20/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia Budiman, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES., Eben Haezer S.AB.,M.Med.Kom., M. Alvin Nur Choironi., Elly Nurul dan Ditta Amelia Saraswati.

Dengan jumlah 323 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Anjani Amitya Kirana, BES adalah “Di zaman yang serba digital saat ini beberapa oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk menipu orang lain demi keuntungan pribadinya. Salah satunya penipuan melalui WA dengan iming-iming hadiah jutaan rupiah. Orang awam yang kurang melek digital akan mudah tergiur dan mengisi link yang diberikan penipu dimana didalamnya diharuskan untum memberikan data pribadi seperti NIK. Hal apa yang dapat kita lakukan sebagai kaum yang melek digital untuk membantu mereka yang tidak?

Anjani Amitya Kirana menjelaskan, “Sekarang sudah ada aplikasi get contact untuk menegcek, karena biasanya ketika kita nomor whatsapp tersebut sudah pernah menipu sebelumnya tentunya juga akan terlacak. Kemudian ketika memang pernah dapat kasus penipuan begitu dan mencurigakan langsung saja cek. Sebenarnya hal lain untuk mencegah hal itu adalah dengan mengkomunikasikan dengan orang-orang terdekat dan biasanya saling cek ricek, jadi kebanyakan yang kena penipuan kalo biasanya dia nyimpen sendiri tanpa sharing ke orang lain juga. Maka dari itu, biasakan untuk sharing dan bertanya sehingga kita tidak akan mudah tertipu. Kemudian untuk ertanyaan apakah mengganti password secara berkala sudah cukup, sebenarnya jika kita memang tidak terlalu tau untuk menggunakan internet maka bisa melakukan private account.”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.