Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (25/8).

Acara dipimpin oleh Moderator Vio Annisa dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Kukuh Pribadi, S.I.Kom., M.A, Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T., Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, B.Sc. (Hons) Muhammad Yusuf Satria,MBA, MM.  dan Praseno Nugroho (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Di Digital World dan masing-masing narasumber berbicara  dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1.368 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T adalah  Pandemi ini memberi kita hikmah untuk semakin cakap dalam digital. Salah satunya dalam dunia pendidikan.Yang awalnya siswa dan guru tidak bisa melakukan ujian dan pembelajaran online. Kini dengan mudah bisa melakukan pembelajaran melalui daring dengan kreatifitas dan mampu mengolah pembelajaran lebih inovatif.  Lalu bagaimana hal ini bisa tersalurkan kepada siswa dan guru yang tinggal di pedesaan dan memiliki SDM rendah?

Faizal Johan Atletiko menuturkan,  “Ketika dipedesaan signal susah dan belum 4G memang kondisinya sulit. Yang bisa kita lakukan yaitu pindah tempat untuk mendapatkan signal secara berkelompok (telkomsel), ikut dengan teman yang memiliki internet yang stabil, disini memang harus berjuang karena masalah utamanya yaitu insfrastruktur. Salah satu cara/ peran kita untuk membantu yaitu dengan ikut komunitas untuk saling mengajari (bagi SDM yang rendah), belajar bersama dan menyebarkan ilmu tersebut khususnya di wilayah pedesaan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat  pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.