
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (28/8).
Acara dipimpin oleh Moderator Riska Regita, S.E, CPS®., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M., Erling Elinda Yulianto., Khelmy K. Pribadi, M. Si., Oktora Irahadi., dan Yasmin Oktavia.
Dengan jumlah 538 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arief Budiono S.T,M.M, untuk kita sebagai kaum milenial sendiri terkadang bingung atau masih sulit dalam mencari pekerjaan impian, Bagaiaman tips terkait untuk kita bisa mempromosikan diri kita kepada kerjaan impian kita terkait bagaimana skill yang kita miliki?
Arief Budiono menuturkan, “Orang yang bekerja sesuai dengan passionnya cenderung lebih suka dan rela untuk berkembang dan meningkatkan skill nya tanpa harus diminta. Mereka juga cenderung tidak mudah bosan dan stress dengan pekerjaannya. Agar kita bisa mempromosikan diri kita dengan baik maka jangan pernah lelah untuk belajar dan tingkatkan kualitas diri”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.