Marketplus.id – Mendapatkan keuntungan merupakan salah satu tujuan atau keinginan utama bagi siapapun yang ingin memulai bisnis. Melihat perkembangan dunia di tengah masa pandemi, ketertarikan orang untuk memulai bisnisnya secara mandiri banyak bermunculan. Keputusan untuk berbisnis kerap dipilih sebagai alternatif untuk dapat berkarier secara fleksibel dan dinamis.

Dalam merancang bisnis menguntungkan, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, yang perlu disadari adalah menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun jika bisa berpikir kreatif maka akan selalu ada jalan.

“Tantangan yang hadir dalam menjalankan bisnis kerap kali membuat gentar. Namun, seperti pepatah “banyak jalan menuju roma”, tentu ada cara yang bisa kita lakukan dalam menjalankan bisnis agar terus bisa bertahan dan sukses,” ujar Devi Arianti Lestari (Owner Usaha Dekorasi Blitzdecoration) sebagai Key Opinian Leader, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (31/8/2021).

Berikut adalah langkah awal yang Anda butuhkan untuk merancang bisnis menguntungkan, seperti:

  • Bentuk pola pikir bisnis di dalam kepala

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis menguntungkan tanpa modal adalah membangun pola pikir bisnis di dalam kepala. Memiliki pola pikir yang tepat akan membantu dalam menjalankan bisnis.  Dengan pola pikir bisnis, Anda akan mulai terbiasa peka terhadap kesempatan dan mempertimbangkan antara untung dan rugi dari bisnis yang akan kita mulai.

  • Fokus dengan satu bisnis di awal

Kadang keinginan ini kerap kali membuat Anda gegabah dalam membuat keputusan. Sehingga berpikir bahwa memiliki bisnis yang banyak akan menghasilkan uang yang banyak. Padahal dengan bisnis yang banyak, risiko pun akan hadir di setiap bisnis yang Anda jalani. Agar tetap aman dan menjalankan bisnis menguntungkan secara stabil, di awal-awal sebaiknya Anda fokus dengan satu bisnis saja.

  • Jalankan bisnis sesuai dengan apa yang Anda suka

Untuk memulai bisnis menguntungkan sesuai dengan keinginan, Anda bisa memilih menjalankan bisnis dengan bidang yang Anda sukai. Ini akan menambah semangat dalam aktivitas bisnis Anda. Selain itu, karena faktor kesukaan, Anda pun akan merasa lebih leluasa melakukan eksplorasi terhadap bisnis yang Anda jalani untuk memaksimalkan potensinya jadi bisnis menguntungkan.

  • Lakukan riset

Setelah membangun pola pikir dan menentukan bisnis menguntungkan apa yang akan dijalani nantinya, Anda perlu melakukan riset dahulu. Riset yang Anda lakukan akan membawa insights penting dalam pengembangan bisnis yang dijalani. Dengan melakukan riset demi bisnis menguntungkan, Anda pun akan mengetahui tentang potensi kompetitor.

  • Manfaatkan media sosial

Di era yang serba digital seperti saat ini, peran media sosial akan memberikan dampak positif yang cukup besar dalam mengembangkan bisnis menguntungkan yang Anda miliki. Maksimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu senjata untuk promosi bisnis. Target yang tepat sasaran merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis.

  • Terbuka dengan kritik dan saran

Dalam menjalankan bisnis, kehadiran kritik dan saran bisa jadi faktor yang menguntungkan. Dengan terbuka terhadap kritik dan saran dari pelanggan, Anda akan lebih mudah mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis. Keterbukaan ini juga akan membuat Anda mudah melakukan adaptasi jika sewaktu-waktu iklim bisnis yang sedang Anda geluti berubah secara drastis.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (31/8/2021) juga menghadirkan pembicara Fetty Kurniawati (Pendampig sosial Kemensos RI & Dosen Luar Biasa Ilmu Komunikasi), L. Anang Setyo (Dosen Studi Rekayasa Industri Universitas Widya Mandala Madiun), I Nengah Suka Arta (Owner Bimbel Privat Mandiri), dan Danis Kirana (Co-Founder Dako Brand & Communication).