Marketplus.id – Selain keahlian teknis alias hard skill, kemampuan soft skill atau kecakapan dalam menghadapai sesuatu dinilai menjadi pendorong bagi karier seseorang. Namun saat ini, masih banyak orang yang saat ini hanya berfokus pada hard skill, dan mengesampingkan soft skill.

“Keterampilan soft skill adalah hal yang biasa saja tapi menjadi sesuatu yang luar biasa. Seperti menjadi orang yang memiliki komunikasi yang baik, menjadi pendengar yang baik, menjadi pemikir kritis yang baik dan membuat ide-ide yang cemerlang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan,” papar Pipit Andriani, Public Speaking Coach & Investor Saham, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (2/9/2021).

Berikut 4 kemampuan soft skill yang bisa membantu karier Anda, seperti:

  • Kreativitas

Kreativitas adalah salah satu soft skill yang memiliki posisi teratas dan dicari banyak perusahaan. Kreativitas sangat bermanfaat dalam semua peran dalam suatu organisasi baik dari sumber daya manusia hingga rekayasa perangkat lunak dan layanan pelanggan. Orang-orang kreatif dapat mengembangkan ide baru dan menerapakn solusi untuk mengatasi masalah yang ada dan ini memungkinkan menjadi peluang untuk berinovasi dan usaha Anda bertumbuh.

  • Kecerdasan sosial

Menjadi street smart sama pentingnya dengan book smart di dunia kerja. Kecerdasan sosial yang biasa disebut kecerdasan jalanan adalah kemampuan untuk bergaul dengan orang lain, membangun hubungan dan menavigasi lingkungan sosial. Kecerdasan sosial diperlukan jika Anda ingin membangun hubungan yang bermakna dan sukses dengan orang-orang dalam suatu organisasi.

  • Literasi digital

Saat ini teknologi telah mengambil alih tempat kerja dan terus berkembang, yang menjadikan literasi digital menjadi keterampilan lunak yang penting untuk dimiliki pada tahun 2020. Anda dapat mengembangkan keterampilan literasi digital Anda sendiri dengan melakukan sedikit riset online. Anda juga perlu memastikan manfaat dari peluang belajar uang disediakan oleh atasan juga.

  • Kolaborasi virtual

Pekerjaan jarak jauh alias tidak harus di kantor terus meningkat. Kolaborasi virtual adalah kemampuan dalam berkerja sama yang dilakukan melalui alat digital. Untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi digital, Anda bisa membiasakan diri dengan alat kolaborasi virtual populer seperti software/aplikasi video conference, aplikasi pesan cepat, hingga aplikasi manajemen proyek.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (2/9/2021) juga menghadirkan pembicara Acep Syaripudin (Penggiat Internet Sehat), Benito Georgio (Entertainer & Pemilik Event Organizer), Gunawan Lamri (Founder & CEO PT. Kuliner Anak Indonesia), dan Chairri Ibrahim (CEO& Founder Integrated Marketing Communication Consultant).