Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (8/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Muhamad Ridho, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M., Achmad Irfandi, Dr. (c) Havid Han, M.M., Pradipta Nugrahanto, dan Aiu Ratna.

Dengan jumlah 656 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arief Budiono adalah “Di masa pandemi saat ini penggunaan dompet digital sangat bermanfaat. Selain untuk mempermudah transaksi jual beli, juga dapat mencegah penyebaran covid 19 melalui uang. Namun pada saat ini penggunaan dompet digital masih minim. Dan di dominasi oleh golongan milenial kedepanya.  Bagaimana mengedukasi atau mendorong pelaku UMKM maupun pembeli agar menggunakan dompet digital sebagai proses transaksi jual beli?”

Arief Budiono memaparkan, “Salah satunya dengan cara mengikuti acara gerakan literasi digital. Dengan acara ini, kita mendapatkan wawasan terkait pengetahuan digital yang salah satunya adalah financial technology dan transaksi digital. Untuk mendukung teman-teman UMKM, kalau kita lihat di lapangan ada beberapa penyedia dompet digital memberikan promo sehingga pelaku UMKM tertarik dan teredukasi. Banyak sekali yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM dengan transaksi digital. Mereka bisa lebih terdorong untuk mulai mengadopsi e-commerce, sosial media, atau kanal-kanal lainnya sehingga mereka bisa belajar dan terus berkembang. Dan closing statement dari saya, saya ingin teman-teman UMKM belajar bagaimana untuk menjual melalui ruang digital dan mulai beradaptasi ke dunia digital. Hal tersebut karena banyak sekali manfaat yang dapat memudahkan kita semua untuk kehidupan kita.”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.