Marketplus.id – Internet saat ini sudah banyak digunakan hampir di segala bidang kehidupan. Di berbagai organisasi, perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintahan hingga perseorangan sudah memanfaatkan internet dengan berbagai tujuan, seperti untuk belajar, mencari informasi, berbisnis, berkomunikasi, hingga menikmati liburan.

Hal itu disampaikan, Rinanti Adya Putri (Operations Executive at ZALORA Group) sebagai Key Opinian Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (8/9/2021).

Ia menerangkan, semakin berkembangnya teknologi, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan menggunakan elektronik, karenanya dikenal berbagai istilah seperti e-dictionary, e-laboratory, e-commerce, e-learning, e-education, dan lain sebagainya.

Lalu apa manfaat internet dan kegunaan internet bagi masyarakat? Ini kegunaan dan manfaat internet untuk kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Media untuk mendapatkan informasi

Internet telah menyediakan berbagai informasi tanpa batas sesuai kemajuan teknologi, militer, pendidikan, dan lain sebagainya. Sebagai pelajar, bisa menggunakan internet sebagai sarana untuk belajar. Dengan perangkat komputer yang sudah terkoneksi internet, Anda bisa mempelajari semua mata pelajaran di sekolah, mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, dan lain sebagainya. Belajar menggunakan media elektronik ini biasa dikenal dengan istilah e-learning. Anda bisa membaca, latihan, mendengar penjelasan dan mengerjakan soal-soal langsung di perangkat komputer.

  • Media komunikasi murah

Internet tak hanya menyediakan informasi saja, tetapi juga bisa menjadi sarana komunikasi. Para pengguna internet bisa berkomunikasi memakai keyboard lewat aplikasi messaging, baik MSN Messenger, MIRC, Yahoo Messenger, dan sebagainya. Bahkan jika perangkat komputer Anda telah dilengkapi kamera, video card, speaker, sound card, dan lainnya sebagai peralatan pendukung, dengan demikian Anda bisa melakukan telekonferensi. Internet juga bahkan bisa dipakai sebagai pengganti fax.

  • Sebagai sarana promosi

Bagi pemilik usaha, bisa menawarkan produknya lewat internet sehingga informasinya bisa langsung tersebar dengan cepat hingga ke seluruh Indonesia dan dunia. Selain itu, ada juga orang yang berpenghasilan besar lewat bisnis penjualan informasi di media internet. Bahkan peluang tersebut sering digunakan pihak pemerintah dalam memperkenalkan tempat-tempat pariwisata melalui internet.

  • Mencari Beasiswa dan Lowongan Kerja

Kita tentu sudah tahu bahwa ada banyak aktivitas penawaran atau lowongan kerja online di internet. Manfaat internet yang satu ini tentu sudah sangat dirasakan dan bisa dinikmati pencari kerja ataupun perusahaan-perusahaan tertentu yang sedang mencari calon karyawan. Di samping itu, internet juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari beasiswa khususnya bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang berikutnya.

  • Belanja online

Belanja online merupakan salah satu aktivitas favorit yang sudah lama digeluti masyarakat Indonesia. Kita bisa berbelanja berbagai kebutuhan dengan mudah tanpa harus pergi ke toko-toko atau ke supermarket. Sesudah terjadi kesepakatan antara pihak pembeli dan penjual, dan sudah dilakukan pembayaran, barang pun siap dikirimkan ke alamat tujuan. Untuk transaksi pembelian dilakukan lewat internet secara langsung, sementara uangnya langsung ditransfer via kartu kredit ataupun via bank.

  • Media hiburan

Selain sebagai media informasi maupun bisnis, internet juga menjadi salah satu media hiburan paling praktis yang dapat kita manfaatkan, Seperti membaca cerpen, membaca novel, chatting, live streaming youtube, bermain game, menonton film, dan sebagainya.

  • Memperluas wawasan

Bagi para pelajar dan mahasiswa seperti SD, SMP dan SMA. Melalui internet ini, siswa pelajar dan mahasiswa dapat mencari informasi materi belajar. Bahkan bisa juga untuk mencari buku di internet melalui Google Books. Bisa dibilang, sekarang ini internet menjadi media informasi terlengkap dan ter-update dibandingkan dengan buku atau perpustakaan. Tentu saja hal ini akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (8/9/2021) juga menghadirkan pembicara Fauzi Efendi (Digital Creative Klinik Bumdes Pemprov Jawa Timur), Airlangga Bramayudha (Dosen Universitas Sunan Ampel Surabaya), Isham Afiqi (Founder & CEO Penggerak Pemuda Mandiri), dan Henry Wahyu Tristanto (District Manager LinkAja Malang).