24 April 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Probolinggo, (10/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Iman Dwihartanto,CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES., Agustin Handayani, Diana Dewi Damayanti, Tio Utomo dan Aiu Ratna.

Dengan jumlah 831 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Anjani Amitya adalah “Bagaimana cara menjadikan skill digital yang kita miliki menjadi salah satu sumber income bagi kita, khususnya bagi para mahasiswa yang memerlukan biaya untuk kuliah? Kemudian skill digital apa saja yang perlu kita pelajari karena akan dibutuhkan di masa yang akan datang?”

Anjani menuturkan, “Kita perlu mengetahui trend kemampuan digital apa yang yang sedang diperlukan di dunia kerja. Skill digital apa yang kita miliki sehinggal bisa selaras dengan dunia kerja. Karena peluang meraup ‘cuan’ harus kita sesuai antara skill yang kita miliki dengan kesempatan di bursa kerja. Kita bisa memulai dengan berpikir kritis melihat sekitar. Karena sebetulnya ada banyak masalah, yang artinya kita bisa menawarkan solusinya. Skill komunikasi adalah hal dasar yang harus kita kuasai. Skill berkomunikasi ini bukan melulu kemampuan berbicara, melainkan kemampuan mendengarkan.”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *