Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (15/9).

Acara dipimpin oleh Moderator Riska Regita, S.E, CPS® dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Abdul Khamid, M.Pd.I, Chusnur Ismiati, S.H, M.M , Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Tio Utomo, Erbe Sentanu (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Literasi Digital Menciptakan Kemampuan Dan Kesempatan dan masing-masing narasumber berbicara  dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1.062 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Abdul Khamid, M.Pd.I  adalah Di dunia anak-anak saat ini internet nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua anak-anak menggunakan internet dengan baik. Ada anak-anak yang menggunakan internet dengan baik dan ada yang menggunakan kesempatan yang menyimpang sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan masa depannya.pertanyaan saya kolaborasi apa yg bisa kita tananamkan terkait penggunaan internet dengan cara membentangi diri dari hal-hal negatif?

Abdul Khamid menerangkan, “Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Tidak boleh terjadi kemandegan. Anak-anak memakai gadget karena kondisi saat ini yang memaksa untuk menggunakan media digital untuk belajar. Sebagai guru bisa melakukan contoh setelah itu anak-anak berinovasi, meniru dan kreatif. Orang tua Harus memberikan contoh yang baik agar anak tidak salah langkah di masa depan. Dan harus ada kerjasama dengan lingkungan, guru dan orang tua supaya terjadi kekompakan. Itu merupakan benteng pertama anak agar tidak berprilaku negatif. Guru bisa memberikan ruang/kesempatan anak untuk berubah. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat  pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.